Depok (ANTARA) - Pandemi COVID-19 mendorong Universitas Indonesia (UI) untuk terus berkreasi dalam mewujudkan entrepreneurial university yang mendukung kemandirian universitas untuk mengembangkan riset-riset yang berguna bagi masyarakat luas.

Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya, Minggu mengatakan situasi pandemi COVID-19 dan dinamika yang terjadi di dunia mendorong UI untuk mewujudkan Entrepreneurial University.

Untuk itu kata Rektor menggelar acara UI Investment & Start Up Forum 2022 yang bertujuan untuk mewujudkan kerja sama penelitian maupun dalam bidang pengabdian masyarakat dengan institutional investor dalam dan luar negeri.

"Kegiatan ini juga mengakomodasi kebutuhan hilirisasi hasil inovasi produk. Harapannya, agar membantu negara menjadi pusat pengembangan start up di level Asia Tenggara," katanya.

Hal tersebut dalam rangka mendukung kemandirian universitas untuk mengembangkan riset-riset yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Rangkaian acara ini juga untuk mempertemukan beberapa kepentingan dari peneliti, lembaga riset di lingkungan UI, dan start up di publik, serta dari sisi investor.

"Harapan kami agar para vendor capital membantu anak muda untuk investasi di start up dalam rangka membantu para start up untuk berkreasi dan mengelola start up menjadi besar,” ujarnya.

Rektor UI berharap inovasi yang dihasilkan UI dapat untuk dijadikan start up atau mendapat investor yang tepat serta forum ini dapat mendukung pertumbuhan start up di Indonesia.

Baca juga: UI: Generasi muda berkompetensi pariwisata sangat dibutuhkan saat ini
Baca juga: FTUI buka program profesi insinyur jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau
Baca juga: Tiga produk unggulan hasil inovasi dan riset diperkenalkan FKG UI

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2022