Medan (ANTARA News) - Ketua Divisi Komunikasi dan Informasi Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengatakan bahwa Partai Demokrat belum membahas calon presiden (capres) untuk diusung dalam pemilihan umum (Pemilu) 2014.

"Demokrat beda dengan partai politik lain," katanya di Markas Kepolisian Daerah Sumut di Medan, Selasa.

Ruhut mengatakan sesuai arahan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, pihaknya harus fokus dalam menyukseskan pembangunan terlebih dulu.

"Pak SBY maunya Demokrat kerja dulu," kata anggota Komisi III DPR RI itu.

Ruhut menambahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan agar Ibu Ani Yudhoyono tidak dimasukkan sebagai sosok yang akan dicalonkan sebagai capres dari Partai Demokrat.

Hanya saja, lanjut dia, dalam penilaian kader Partai Demokrat, sosok Ani Yudhoyono dinilai tokoh yang berkualitas, apalagi jika dikaitkan dengan nama besar ayahnya Sarwo Edhie Wibowo.

"Jenderal Sarwo Edhie adalah tokoh yang berani menyampaikan kebenaran," katanya.

Ia mengatakan, jika pembahasan itu dilakukan, kader Partai Demokrat memiliki sejumlah nama besar yang juga memiliki kualitas dan prestasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk diajukan sebagai capres.

Diantaranya Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto dan Kepala Staf TNI Angkatan Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo.

Demikian juga dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Ketua DPR RI Marzuki Alie, dan Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Mallarangeng.

Jika hasil pembahasan mengenai capres itu didapatkan, pihaknya akan menyerahkannya ke Majelis Tinggi Partai Demokrat yang paling berhak untuk memutuskan.

"Semua tergantung majelis tinggi yang dipimpin Bapak SBY," katanya.

(I023/R018)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011