Jakarta (ANTARA News) - Kantor statistik negara-negara anggota ASEAN akan memperkuat koordinasi dan kerja sama dalam rangka mewujudkan integrasi data statistik yang lebih efektif dan harmonis di kawasan ASEAN.

Hal tersebut menjadi tema pertemuan rutin tahunan seluruh kepala kantor statistik negara-negara anggota ASEAN atau ASEAN Community Statistical System (ACSS) Committee di Jakarta, Rabu.

"Dalam pertemuan ini kami akan membahas penerapan, definisi serta materi dalam bidang statistik yang cocok untuk level ASEAN," ujar Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin.

Ia mengatakan fokus utama pembahasan adalah meningkatkan kualitas data statistik berbagai bidang meliputi statistik perdagangan barang, statisitik perdagangan jasa, statistik investasi langsung asing dan indikator sasaran pembangunan millenium (MDGs).

"Kami akan melakukan konsolidasi dan menghimpun data atas berbagai indikator penting yang nantinya akan menjadi gabungan data, dan dikoordinasikan melalui sekretariat ASEAN," ujar Suryamin.

Suryamin mengharapkan indikator baru akan dibahas setiap tahun melalui konsolidasi dan spesifikasi data, namun untuk indikator tertentu seperti angka kemiskinan masih dibutuhkan kesamaan pemahaman antar negara anggota ASEAN.(*)

S034/B013

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011