Paris (ANTARA News) - Direktur Jenderal United Nations Education, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) Irina Bokova menyambut kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di markas besar badan PBB di Paris, Prancis, Rabu (2/11) pagi waktu setempat atau Rabu (2/11) siang waktu Jakarta.

Presiden Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono kemudian langsung menuju ruangan khusus VVIP sambil menunggu dimulainya sesi khusus sidang umum UNESCO ke-36 memperingati 10 tahun deklarasi universal keragaman budaya.

Dalam sidang tersebut, Presiden Yudhoyono dijadwalkan menyampaikan pidato mengenai upaya pemerintah Indonesia memelihara dan mengembangkan keragaman budaya di tanah air sehingga bisa menjadi aset bangsa untuk menjadi negara yang lebih baik.

Selain Presiden Yudhoyono, juga akan menyampaikan pidato Presiden Bulgaria Georgi Parvanov dalam sidang umum UNESCO yang dipimpin pimpinan sidang Menteri Kebudayaan Pakistan dan dihadiri oleh Dirjen UNESCO Irina Borkova.

Di lobi ruangan assembly, di salah satu booth yang disediakan UNESCO untuk pameran, tampak booth Indonesia yang menampilkan sejumlah karya patung Indonesia dan praktik pembuatan patung oleh seniman asal Bali.

Selain itu booth Indonesia juga disemarakkan oleh sejumlah anak siswa sekolah internasional asal Prancis yang tertarik dengan budaya Indonesia dan mengenakan pakaian adat Aceh dengan beraneka ragam warna. Booth tersebut direncanakan dikunjungi oleh Ibu Ani Yudhoyono.

Hadir mendampingi Presiden sejumlah menteri antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menkeu Agus Martowardojo, Mendikbud Muhammad Nuh, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menlu Marty Natalegawa dan sejumlah pejabat lainnya.
(T.P008/A011)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011