Cannes, Prancis (ANTARA News) - Ketua IMF Christine Lagarde mendesak para pemimpin Eropa pada Rabu untuk tetap pada rencana krisis utang mereka meskipun Yunani berencana untuk mengadakan referendum tentang kesepakatan `bailout` (dana talangan).

Lagarde mengatakan apa yang penting "adalah ketahanan dan penentuan dari mitra Eropa ... untuk membawa masalah tersebut ke depan untuk melaksanakan kesepakatan yang telah disepakati pada 27 Oktober" tentang langkah-langkah untuk menyelamatkan Yunani, lapor AFP.

Eropa pekan lalu membuat kesepakatan untuk menghapus 100 miliar euro utang Yunani, memperkuat bank dan menggandakan kemampuan atau "daya tembak" dana bailout, namun referendum Yunani melemparkan ini ke dalam pertanyaan.

"Tentu saja ada cegukan di jalan, kadang-kadang cegukan besar," kata Lagarde.

Lagarde dan pemimpin Eropa bertemu dengan Perdana Menteri Yunani George Papandreou pada Rabu untuk mencoba mencari jalan keluar dari krisis.

IMF belum memberikan "lampu hijau" atau peluang untuk melepaskan 8,0 miliar euro dalam pinjaman penyelamatan yang Yunani perlukan untuk menghindari default (gagal bayar) pada utangnya dalam hitungan minggu.

Pejabat Eropa mengatakan, pinjaman tersebut seperti di atas es sampai menjadi jelas, apakah Yunani akan mendukung paket bailout. (A026/A011)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011