Jakarta (ANTARA News) - Bank Mandiri menandatangani kerja sama dengan PT METRA-NET untuk menyediakan layanan transaksi pembayaran melalui laman "e-commerce" penjualan Plasa.com.

Direktur Micro & Retail Banking Bank Mandiri, Budi G Sadikin, di Jakarta, Kamis, mengatakan, kerja sama itu merupakan salah satu upaya Bank Mandiri dalam merealisasikan keinginan untuk menjadi pemain utama dalam "transactional banking" di Indonesia.

"Potensi bisnis perdagangan secara online masih sangat besar mengingat Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan online market yang cukup signifikan, rata-rata transaksi secara online di Indonesia mencapai 28 juta transaksi per tahun," ujar dia.

Ia mengemukakan, jumlah penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 237 juta jiwa, pengguna internet baru mencapai 40 juta jiwa.

"Hal itu menunjukkan potensi bisnis yang masih sangat terbuka atas perdagangan yang dilakukan melalui jaringan internet," kata dia.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan oleh Senior Vice President Bank Mandiri Rico Usthavia Frans dan Arry Basuseno serta Chief Executive Officer PT METRA-NET Iriana Muadz, disaksikan oleh Direktur Micro & Retail Banking Bank Mnadiri Budi G Sadikin dan Direktur IT, Solution & Supply PT Telkom Indonesia Indra Utoyo.

Budi mengatakan, kerja sama itu merupakan bentuk dukungan Bank Mandiri kepada METRA-NET untuk memajukan bisnis melalui Plasa.com.

"Kami berharap fasilitas `payment gate away` Bank Mandiri dapat mendorong bisnis Plasa.com terus berkembang signifikan," ucap dia.

Plasa.com merupakan portal e-commerce yang dikelola PT METRA-NET, salah satu anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk. Saat ini portal Plasa.com menawarkan online shopping ecosystem yang paling komprehensif di Indonesia melalui produknya yang berupa Plasa.com, Plasa Ticket dan Plasa Trade Center.

Ia menambahkan, kerjasama ini dapat mendukung upaya Bank Mandiri dalam meningkatkan transaksi melalui jaringan elektronik.

Dikemukakan, hingga September 2011 jumlah transaksi melalui e-channel Bank Mandiri mencapai 261,5 juta transaksi atau tumbuh 35,5 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

"Dari jumlah itu sebanyak 54,6 juta transaksi e-channel dilakukan melalui internet banking. Penggunaan internet banking untuk bertransaksi itu tumbuh hingga 92,7 persen dibanding September 2010," katanya.

Sementara Chief Executive Officer METRA-NET, Iriana Muadz mengatakan, Plasa.com dibangun untuk memberikan kemudahan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengakses dan memenuhi kebutuhan akan barang-barang berkualitas sehingga hambatan waktu dan jarak dapat diminimalisasi.

"Kerja sama dengan Bank Mandiri ini merupakan salah satu komitmen dari Plasa.com untuk selalu menyediakan layanan bertransaksi yang aman dan terpercaya," ujar dia.
(T.KR-ZMF/A023)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011