Palembang (ANTARA News) - Selama SEA Games ke-26 di Palembang, Sumatera Selatan, 11-22 November 2011, sekolah di daerah ini diliburkan empat hari.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Palembang, Riza Fahlevi, di Palembang, Sabtu, mengatakan bahwa libur sekolah selama SEA Games (SEAG) itu dilaksanakan 10, 11, 12 dan 22 November, sedangkan pada hari lain siswa akan mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa.

Menurut dia, kebijakan meliburkan siswa khususnya pelajar SMA tersebut, mengingat mereka diminta untuk menjadi pendukung tim SEAG.

Pelajar tidak hanya menjadi suporter tim Indonesia, tetapi juga membantu negara-negara lainnya yang disiapkan sebanyak 300 pendukung dari kalangan pelajar tersebut, ujar dia.

Riza mengatakan, selain libur empat hari, setiap sekolah juga diwajibkan untuk mengajak para siswanya menonton pertandingan olahraga SEAG tersebut, tetapi disesuaikan dengan jadwal belajar masing-masing.

Namun, ia mengemukakan, meskipun wajib menonton pertandingan, saat ini mereka masih menunggu kepastian kupon masuk arena pertandingan yang disiapkan oleh panitia.

Dia menjelaskan, kalau tidak mendapatkan tiket gratis atau minimal membeli dengan murah, tentunya sulit para pelajar itu menjadi pendukung selama SEAG berlangsung.

Padahal saat ini, pihaknya telah menyiapkan 300 siswa yang akan menjadi suporter masing-masing negara, ujar dia.

Riza menambahkan, menyukseskan SEAG adalah komitmen bersama masyarakat Palembang, termasuk juga kalangan pelajar setempat.

Karena itu, keterlibatan mereka diharapkan akan semakin meramaikan kegiatan olahraga tingkat Asia Tenggara itu, kata dia.

Palembang akan menjadi tempat pembukaan dan penutupan SEAG ke-26 yang diikuti 11 negara di Asia Tenggara, dengan pelaksanaan pertandingan 21 cabang juga digelar di Palembang, dan selebihnya berlangsung di Jakarta dan beberapa tempat di Jawa Barat.
(T.ANT-037)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011