Palembang (ANTARA News) - Sebanyak 25 mobil golf akan beroperasi di Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang di Sumatera Selatan, selama pelaksanaan SEA Games XXVI, 11-22 November mendatang, kata Ketua Panitia Pelaksana SEA Games Indonesia (InaSOC) Sumsel, H Muddai Madang.

"Mobil golf itu akan menjadi angkutan resmi di Komplek Olahraga Jakabaring, setelah becak, sepeda, dan 20 motor Vespa merek Piaggio yang telah berstandar Euro 3," kata Muddai, di Palembang, Minggu.

Menurut dia, ke-25 mobil golf itu telah terparkir di Wisma Atlet Jakabaring, sejak Rabu (2/11), dan siap digunakan untuk melayani para tamu sangat penting (VVIP).

"Golf car itu akan dikemudikan para finalis Putri Sumsel. Tentunya, hal itu menjadi daya tarik tersendiri dalam pelaksanaan SEA Games di Indonesia," ujar dia.

Kepala Perlengkapan Pemprov Sumsel Hj Susna mengatakan, telah disiapkan tiga unit kendaraan berjenis EZ-GO untuk mendukung pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), yakni dengan menjadikan Komplek Olahraga Jakabaring sebagai kawasan terluas di Indonesia yang bebas dari polusi.

"Kendaraan EZ-GO itu menggunakan tenaga aki 200Ah/12 KV yang dapat digunakan untuk delapan jam. Jika energinya habis akan dilakukan pengecasan oleh teknisi," kata dia.

Provinsi Sumsel menetapkan Komplek Olahraga Jakabaring sebagai area bebas polusi, dengan melarang kendaraan berbahan bakar bensin untuk masuk selama perhelatan SEA Games ke-26, 11-22 November 2011.

InaSOC Sumsel memperkerjakan 325 tukang becak, dan menggratiskan penggunaan 300 sepeda di dalam area Jakabaring Sport City. Selain itu, disediakan area parkir kendaraan bermotor di luar Komplek Olahraga Jakabaring.
(ANT-037)



Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011