Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat menyiapkan kantor pemerintahan di sepanjang jalur mudik di daerah itu untuk tempat istirahat pemudik dengan pelayanan petugas yang baik sehingga memberikan rasa aman dan nyaman mereka menyambut Lebaran 2022.

"Silakan nanti Pak Camat dan kepala SKPD untuk membuat spanduk dengan menyebutkan di sini lokasi area untuk bapak ibu, dan itu merupakan solusi yang paling bagus," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Garut Suherman saat rapat koordinasi lintas sektor Operasi Ketupat Lodaya di Garut, Rabu.

Ia menuturkan pemerintah pusat telah memberikan izin kegiatan mudik di Hari Raya Lebaran, sehingga pemerintah daerah berupaya menyukseskan kegiatan mudik agar berjalan lancar dan aman.

Baca juga: Polda Banten siapkan 41 posko pelayanan arus mudik

Pemerintah daerah, kata dia, sudah melakukan perbaikan jalan dan menyiapkan kebutuhan lainnya, termasuk tempat istirahat di setiap kantor satuan kerja perangkat daerah di jalur mudik karena diprediksi akan banyak pemudik.

"Karena sekarang akan lebih banyak orang yang mudik dan balik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Pemkab Garut siap mendukung Operasi Ketupat Lodaya 2022 dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan masyarakat.

Ia berharap, seluruh komponen yang terlibat dalam operasi meliputi petugas dan masyarakat yang akan mudik, dapat saling memperhatikan keselamatan dan kenyamanan bersama.

"Idul Fitri tahun sekarang yang merupakan salah satu bukti hadiah dan anugerah dari Yang Maha Kuasa, karena dua tahun kita tidak ada mudik dan balik. Hari ini tentu akan semakin banyaknya warga masyarakat yang melaksanakan silaturahim," katanya.

Baca juga: Gerai vaksinasi rest area JTTS Lampung mulai beroperasi
Baca juga: Penambahan fasum di rest area JTTS ruas Bakter dikebut jelang mudik
Baca juga: Ridwan Kamil imbau pemudik di "rest area" jalan tol cukup 30 menit

Pewarta: Feri Purnama
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022