Jakarta (ANTARA News) - Harga prangko Nederlands Indie di kalangan penggemar filateli di Indonesia bisa mencapai Rp2 Miliar per keping.

"Harga prangko satu keping bukan hanya jutaan rupiah. Tapi di Indonesia ada yang sampai Rp2 miliar," kata Riyanto dari PT Pos Indonesia dan Perkumpulan Filatelis Indonesia saat Sosialisasi Filateli oleh Sudin Kominfo Jakarta Barat di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan, minat mengumpulkan perangko dan benda filateli lainnya seperti sampul pertama, prangko istimewa, peristiwa dan lainnya tidak berpengaruh oleh kemajuan teknologi komunikasi, sebaliknya ini hanya menambah wawasan.

Prangko Nederlands Indie produk jaman Belanda yang diterbitkan pada 1 April 1864 sudah terjual pada harga Rp2 miliar, katanya.

Harga selangit ini timbul karena langka dan saat dicetak jumlahnya sangat minim, tidak rusak dan berusia lama, sambungnya.

Dia menyebutnya, minat filateli dari tahun ke tahun terus meningkat di mana kini ada satu juta orang filatelis di Indonesia yang 60.000 filatelis diantaranya ada di DKI Jakarta.(*)

ANT/Z003

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011