Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat, Senin, mengatakan, pihaknya menyambut baik konsensus baru di Yunani tentang pengadopsian langkah-langkah penghematan dan mengatakan berikutnya pemerintah Yunani harus bertindak cepat pada pemenuhan kondisi "bailout" Uni Eropa.

"Kami menyambut konsensus yang telah dicapai di Yunani atas kebutuhan untuk melaksanakan komitmen reformasi negara itu kepada untuk IMF dan Uni Eropa," juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan, lapor AFP.

"Dan kami mendesak pemerintah untuk bergerak secepat mungkin memenuhi komitmen yang diperlukan dalam program penyelamatan baru," kata Carney, beberapa hari setelah Presiden Barack Obama membahas krisis euro dengan para pemimpin Eropa pada KTT G20 di Prancis.

Pesan AS mirip dengan negara-negara utama Eropa, melanjutkan pembicaraan untuk membentuk pemerintah koalisi baru Yunani setelah Perdana Menteri George Papandreou setuju untuk menyingkir (mengundurkan diri).

Komisi Eropa menuntut "kejelasan" dari Athena, sementara kepala zona euro Jean-Claude Juncker mengatakan, keputusan atas dana bailout akan tergantung pada bagaimana para menteri melihat komitmen yang diberikan oleh Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos. (A026/A023)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011