AsiaNet 47173

NEW DELHI, India, 8 November 2011 (ANTARA/PRNewswire-Asia-AsiaNet) --

     MediaTek Inc., perusahaan semikonduktor fabless terkemuka untuk solusi komunikasi nirkabel dan multimedia digital, dan Facebook hari ini mengumumkan kemitraan global yang akan memasukkan Facebook ke dalam solusi platform ponsel MediaTek, yang memungkinkan pasar berkembang mengakses Facebook, untuk pertama kalinya, melalui perangkat ponsel yang terjangkau.

     MediaTek adalah penyedia platform perangkat chip ponsel terbesar di dunia, yang mengirimkan lebih dari 500 juta unit pada tahun 2010, untuk perakitan berbagai macam ponsel yang didistribusikan di seluruh dunia. Kemitraan ini akan memungkinkan para pengguna handset yang didukung oleh Runtime Environment MediaTek (MRE), untuk lebih terhubung dengan teman, keluarga dan rekan kerja mereka.

     MRE adalah teknologi middleware inovatif dari MediaTek yang dirancang untuk para pengembang ponsel dan penyedia aplikasi untuk memberikan layanan dan konten untuk 'telepon Smart-Feature' (Catatan 1). Solusi MRE memberikan jutaan pengguna di pasar berkembang dengan kemampuan untuk menikmati pengalaman online yang lebih banyak yang sebelumnya hanya tersedia pada smartphone. Perangkat MRE yang diaktifkan akan memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses layanan Internet terkemuka, seperti Facebook, untuk pertama kalinya.

     Menurut sebuah penelitian terbaru oleh perusahaan media riset Informa Telecoms and Media, pasar berkembang akan mencapai 60% pasar ponsel pada tahun 2013. Dengan 70% dari handset ponsel yang dijual di pasar berkembang akan menjadi fitur ponsel, kemitraan global ini menggarisbawahi potensi penting bagi para pengguna ponsel  di seluruh dunia dengan cara untuk mengakses Facebook.

     Pada tahun lalu, ponsel didukung oleh seperangkat chip MediaTek yang mewakili lebih dari 40% dari keseluruhan pasar ponsel India. Dengan peluncuran kemitraan global ini, MediaTek berharap lebih dari setengah pelanggan di India untuk menggunakan solusi MRE nya.

     "Kemitraan baru kami dengan Facebook lebih lanjut memperkuat fokus MediaTek dalam memberikan layanan yang berbeda dan nilai untuk merek handset, memberikan mereka sarana untuk penawaran solusi ponsel yang terjangkau, menarik dan berbeda untuk konsumen di pasar berkembang utama seperti India," ujar Cheng-Te Chuang, Wakil Presiden Perusahaan MediaTek.

     Vaughan Smith, Wakil Presiden Kemitraan Mobile dan Pengembangan Usaha Facebook menambahkan, "Setiap telepon haruslah mencakup aspek sosial dan kami amat senang dapat bekerjasama dengan MediaTek untuk memasukkan Facebook ke lebih banyak perangkat pada lebih banyak pasar di seluruh dunia dan membantu pengguna untuk terhubung dan berbagi di mana saja dan kapan saja. "

     MediaTek saat ini bekerjasama dengan merek handset terkemuka, termasuk Spice Group dan Micromax di India, Cherry Mobile di Filipina, dan Nexian di Indonesia untuk meluncurkan solusi ponsel mereka di berbagai pasar utama.
   
     Chip MediaTek telah menjadi pendukung yang kuat di balik revolusi ponsel di seluruh dunia. Di pasar negara berkembang seperti India, kemampuan untuk menawarkan berbagai fitur yang antara lain keterkaitan antar warna, kamera, perekam video, keypad QWERTY dan kemampuan SIM ganda pada tingkat harga yang menarik telah mendorong diciptakannya 'telepon Smart-Feature' yang diperkuat oleh MediaTek.

     "Dengan solusi baru MRE MediaTek, kita berada dalam posisi untuk mendefinisikan kembali dasar ponsel dan memberikan pengguna kami jelajah ponsel pertama mereka dan pengalaman jejaring sosial pada handset dengan biaya kurang dari US$50," ungkap Dilip Modi, Direktur Utama Spice Mobility.

     "Ini adalah terobosan yang nyata dalam industri ini, dan kami amat bangga dapat bekerja sama dengan pemimpin dalam inovasi seperti MediaTek untuk menciptakan nilai yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi para pengguna kami di seluruh India, di mana akan banyak dari mereka yang akan mengakses layanan internet populer seperti Facebook untuk pertama kalinya melalui perangkat ponsel mereka," tambah Vikas Jain, Direktur Bisnis Micromax Mobile.

     Catatan

     1. 'Telepon Smart-Feature' merujuk ke perangkat ponsel berfitur dengan fungsi Internet

     Tentang MediaTek Inc.

     MediaTek Inc. adalah perusahaan semikonduktor fabless terkemuka untuk solusi komunikasi nirkabel dan multimedia digital. Perusahaan ini merupakan pemimpin pasar dan pelopor dalam solusi sistem SOC canggih untuk komunikasi nirkabel, TV berdefinisi tinggi, penyimpanan optik, DVD, dan produk Blu-Ray. MediaTek, yang didirikan pada tahun 1997 dan terdaftar di Taiwan Stock Exchange dengan kode "2454", berkantor pusat di Taiwan dan memiliki anak perusahaan penjualan atau penelitian di China Daratan, Singapura, India, Amerika Serikat, Jepang, Korea, Denmark, Inggris, dan Dubai. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web MdiaTek di www.mediatek.com.

     SUMBER: MediaTek Inc.

Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2011