Jakarta (ANTARA) - Pemuda China memikul tugas dan tanggung jawab yang berat dalam berbagai bidang seperti tertulis dalam buku putih tentang pemuda China pada Kamis (21/4).

Tugas tersebut yaitu berjuang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkualitas tinggi, berpartisipasi dalam perkembangan politik demokrasi sosialis, menciptakan budaya sosialis yang berkembang, mempromosikan kemajuan moral dan etika sosialis, serta membangun China yang indah. 

Bertajuk "Pemuda China di Era Baru", buku putih itu dirilis oleh Kantor Informasi Dewan Negara China.

Di era baru, pemuda China tidak memperlihatkan rasa takut akan kesulitan dan tantangan di masa krisis, menunjukkan ketabahan mereka di saat-saat kritis.

Selama pandemi COVID-19, kaum muda mempertaruhkan nyawa mereka untuk melawan penyakit mematikan ini, catat dokumen itu.

Lebih dari 5,5 juta pemuda dalam 320.000 satuan tugas bekerja di garis depan pertempuran, memberikan perawatan medis, mengirim persediaan, dan membangun fasilitas. Mereka telah memberikan kontribusi luar biasa bagi perjuangan total melawan virus tersebut.

Pada 2021, sebanyak 470.000 lulusan perguruan tinggi bekerja di daerah pedesaan di pos-pos pengajaran, pertanian, layanan kesehatan, dan pengentasan kemiskinan.

Selama masa liburan, jutaan mahasiswa melakukan survei atau berpartisipasi dalam berbagai kegiatan budaya dan lainnya untuk menyebarkan pemahaman tentang ilmu pengetahuan dan teknologi, juga informasi kesehatan di pedesaan.

Melalui upaya ini, kaum muda menawarkan dukungan mereka dalam pengentasan kemiskinan dan revitalisasi pedesaan di China.

Setiap tahun, lebih dari 3 juta mahasiswa jurusan ilmu pengetahuan dan teknologi dan teknik lulus dari berbagai universitas di China, yang terus mengisi kebutuhan akan tenaga insinyur di negara itu. Di antara para pendiri entitas pasar yang terdaftar sejak 2014, lebih dari 5 juta adalah mahasiswa dan lulusan baru.

Usia rata-rata anggota inti kelompok penelitian di Sistem Satelit Navigasi Beidou adalah 36 tahun, 35 tahun untuk tim satelit ilmu kuantum Mozi, dan 30 tahun untuk tim Teleskop Radio Sferikal Apertur Lima ratus meter (Five-hundred-meter Aperture Spherical Radio Telescope/FAST) Tianyan.

Baik di daerah perkotaan maupun pedesaan, di tempat kerja maupun di kampus, kaum muda memperjuangkan pencapaian keunggulan dan kebaikan bagi masyarakat luas, serta menetapkan tren yang sehat, menurut dokumen tersebut.

Hingga akhir 2021, lebih dari 90 juta orang berusia antara 14 dan 35 tahun telah mendaftarkan diri di platform sukarelawan Chinavolunteer.mac.gov.cn. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022