Jakarta (ANTARA) - Direktur Helix Laboratorium, Muhareva Raekiansyah PhD mengemukakan skrining genom dengan metode Next Generation Sequencing (NGS) dapat mendeteksi kelainan pada janin dan juga kanker.

"Melalu metode NGS ini dapat mendeteksi adanya sindrom down, sindrom Edward maupun sindrom Patau pada janin, " ujar Raekiansyah dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, pihaknya meluncurkan layanan Helix Genomic yang menyediakan layanan skrining berbasis NGS bagi janin dan bayi baru lahir seperti Non-Invasive Prenatal Test (NIPT), tes untuk deteksi dini disabilitas pada bayi baru lahir, hingga Prenatal Carrier Screening Test untuk mendeteksi risiko bawaan pada ibu.

Baca juga: Usia ibu hamil salah satu faktor terjadinya kelainan kromosom janin

"Selain pemeriksaan kelainan janin, layanan Helix Genomic juga akan mencakup pemeriksaan genetik untuk mengetahui risiko kanker, seperti kanker payudara, kanker ovarium dan beberapa jenis kanker lainnya. Layanan ini juga menjawab keresahan ayah bunda terutama terhadap kondisi kesehatan buah hatinya," kata dia.

Metode NGS memungkinkan untuk melakukan skrining pada genom manusia. NGS memiliki keunggulan untuk melakukan sekuensing gen dengan sensitivitas dan keakuratan tinggi, sehingga dapat dikembangkan untuk melakukan pemeriksaan terkait genom.

NGS memiliki keunggulan untuk melakukan sekuensing gen dengan sensitivitas dan keakuratan tinggi, sehingga dapat dikembangkan untuk melakukan pemeriksaan terkait genom.

Manager Overseas GC Genome Korea Selatan Hyerin Kim mengatakan pihaknya yakin kompetensi dan profesionalitas Helix sebagai mitra global untuk pelayanan kesehatan berteknologi canggih di Indonesia.

Manager Medis dan Produk Helix Laboratorium dr Mariyam Jamilah mengatakan metode skrining genom itu juga menjawab keresahan para orang tua dalam menjaga dan merawat kondisi kesehatan buah hati sejak dalam kandungan.

Baca juga: Dokter ingatkan pentingnya skrining dan deteksi dini kanker payudara

Baca juga: Kanker tak munculkan nyeri di awal, skrining perlu jadi gaya hidup


"Ketika terdeteksi kelainan janin, kita bisa mengambil keputusan tindakan medis yang cepat dan tepat tentunya.” kata Mariyam.

Selain skrining kanker, pihaknya juga menyediakan pemeriksaan pharmacogenetic yang bertujuan untuk memeriksakan gen individu yang berhubungan dengan metabolisme obat.

Profil genetik individu akan menjadi panduan dokter dalam memberikan terapi obat yang presisi, sehingga respons tubuh terhadap obat lebih efektif.

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022