Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak delapan negara menyatakan siap untuk berpartisipasi pada pertandingan eksibisi cabang olah raga Tarung Derajat yang akan digelar oleh PB Kodrat di Hall Basket Senayan Jakarta pada 13-14 November mendatang.

Kedelapan negara tersebut adalah Thailand, Vietnam, Myanmar, Laos, Filipina, Malaysia, Timor Leste dan tuan rumah Indonesia dengan melibatkan sebanyak 148 atlet.

"Tiap negara hanya diwakili oleh enam atlet karena memang hanya enam nomor yang dieksibisikan. Kami sangat gembira pada akhirnya cabang olahraga ini dipertandingkan secara eksibisi," ujar Guru Besar Tarung Derajat, H Achmad Drajat, di Jakarta, Kamis.

Achmad Derajat yang juga akrab disapa AA Boxer mengungkapkan bahwa pihaknya sudah sangat lama memperjuangkan cabang olahraga produk asli Indonesia asal Jawa Barat ini agar bisa dipertandingkan di ajang SEA Games.

Namun dengan digelarnya eksibisi pada SEA Games XXVI/2011, maka PB Kodrat yang kini dipimpin Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan ini akan dipertandingkan secara resmi pada SEA Games XXVII tahun 2013 di Myanmar.

Achmad Derajat mengungkapkan, jenis olahraga beladiri ciptaannya ini sudah sejak SEA Games tahun 1997 telah tercatat sebagai anggota KONI Pusat saat di bawah kepemimpinan Wismoyo Arismunandar.

Tarung Derajat kemudian beberapa kali dipertandingkan secara eksibisi dan kemudian juga dipertandingkan pada PON 2008 di Kalimantan Timur.

"Dan kini saat menghadapi SEA Games XXVI, delapan negara tertarik untuk ikut serta dalam eksibisi. Mereka sangat antusias setelah memahami dasar-dasar filosofi olahraga ini bahwa pada dasarnya adalah bagaimana Tarung Derajat memanusiakan manusia sehingga tidak semata-mata sebagai olahraga bela diri," demikian Achmad Drajat.
(ANT-132)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011