Kotabaru (ANTARA News) - Kesadaran perusahaan di wilayah Kotabaru, Kalimantan Selatan, menjadi peserta PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja terus meningkat, kata Kepala Cabang PT Jamsostek Kotabaru Mahmud.

"Hampir 99 persen dari total perusahaan yang ada di Kotabaru telah menjadi peserta PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek)," kata Mahmud di Kotabaru, Kamis.

Hingga akhir 2010, katanya, jumlah perusahaan yang menjadi peserta PT Jamsostek Cabang Kotabaru sebanyak 317 buah.

Perusahaan tersebut terdiri atas perusahaan di bidang pertanian dan perkebunan, pertambangan serta perusahaan jasa, katanya.

Perusahaan perkebunan kelapa sawit, karet, kakao dan perkebunan yang lainnya. Selain itu, bidang pertambangan, perusahaan tambang batubara, biji besi, dan perusahaan tambang yang lainnya.

Perusahaan bidang jasa kontruksi, serta perusahaan manufaktur.

"Dari 317 perusahaan tersebut, sekitar 39 ribu orang karyawan telah didaftarkan menjadi peserta PT Jamsostek ," terangnya.

Sedangkan satu persen yang belum menjadi peserta PT Jamsostek yakni, industri rumah tangga, pertokoan dan kontraktor.

"Banyak faktor yang menyebabkan mereka belum menjadi peserta Jamsostek, diantaranya jumlah karyawan perusahaan tersebut kurang dari 10 orang," imbuhnya.

Selain itu, pihak perusahaan masih kesulitan untuk membayar upah minimum regional terlebih membayar angsuran di Jamsostek.

(I022/F002)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011