Palembang (ANTARA News) - Grand Master Susanto Megaranto hanya dibebani target medali perak dari cabang olahraga catur pada SEA Games ke-26 di Hotel Swarna Dipa Palembang, Sumatera Selatan, mulai Sabtu (12/11).

"Target Santo (Susanto Megaranto) hanya perak, kalau emas mungkin agak berat," kata Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar (PB) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kristianus Liem ketika menjawab pertanyaan ANTARA usai mengikuti pertemuan teknis cabang catur di Palembang, Jumat.

Turun di nomor standar perseorangan putra, ia memastikan pecatur dengan elo rating 2530 tersebut akan menghadapi perlawanan berat dari pecatur yang juga tercatat sebagai super GM termuda di Asia Wesley Barbasa So asal Filipina.

"Di atas kertas Santo kalah dari dia, meski peluang untuk menang tetap saja ada," ujar Kristianus Liem.

Wesley So meraih gelar GM pada 7 Desember 2007 atau ketika masih berusia 14 tahun, 1 bulan, 28 hari. Pria kelahiran 9 Oktober 1993 itu menorehkan sejarah sebagai pecatur ketujuh termuda di dunia.

Menurut Kristianus Liem, Susanto sudah beberapa kali bertemu Wesley So dan selalu sulit untuk memenangi pertarungan.

Pada pertemuan terakhir di ajang Indonesia Open Chess Championship 2011 di Jakarta, 18 Oktober 2011, pecatur andalan Indonesia itu hanya mampu menahan remis pecatur dengan elo rating 2655 itu setelah sebelumnya selalu kalah.

"Jadi memang berat, karenanya Santo hanya dibebani medali perak," kata dia.

Namun demikian, menurut Kristianus Liem, Susanto Megaranto berpeluang besar menyumbangkan medali emas melalui nomor catur standar campuran berpasangan dengan Grand Master Wanita (WGM) Irine Kharisma Sukandar.

"Di nomor ini (catur standar campuran) mereka masih sedikit lebih baik dibanding pasangan campuran dari negara lain," kata dia.

Kontingen Indonesia menargetkan dua medali emas dari sembilan set medali yang akan diperebutkan pada SEA Games 2011.

Selain dari nomor standar campuran yang mengandalkan Susanto dan Irine, medali emas lainnya diharapkan dapat disumbangkan Irene Sukandar melalui nomor catur perseorangan putri.

"Harapan kami minimal dapat memenuhi target dua medali emas itu," ujar Kristianus Liem.

Indonesia berkekuatan delapan pecatur putra dan enam pecatur putri di SEA Games 2011.

Cabang catur pada ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu mempertandingkan sembilan nomor, masing-masing catur standar perseorangan putra dan putri, catur cepat perseorangan putra dan putri, catur kilat perseorangan putra dan putri, catur standar campuran, catur cepat buta perseorangan putra, serta catur ASEAN perseorangan.
(R014)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011