Berlin (ANTARA News) - Kepala dana krisis zona euro mendesak Italia untuk bertindak cepat meyakinkan pasar tentang stabilitas keuangan dan politik, dalam sebuah wawancara di beberapa koran Eropa pada Jumat.

Dia mengatakan bahwa dana siap membantu Italia segera jika pihaknya diminta.

"Italia tidak punya banyak waktu untuk menenangkan pasar," kata Klaus Regling, Kepala Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF), menurut surat kabar Suddeutsche Zeitung.

"Negara ini membutuhkan pemerintahan yang berfungsi sesegera mungkin."

Italia dalam keadaan terlantar (limbo) secara politik setelah Perdana Menteri Silvio Berlusconi mengumumkan ia akan mundur dalam menghadapi memburuknya krisis utang yang menyebar di seluruh Eropa.

Parlemen Italia pada Jumat akan memperdebatkan serangkaian langkah-langkah baru penghematan yang dirancang untuk menangkis kebangkrutan di negara ini, ekonomi terbesar ketiga zona euro.

Regling mengatakan, dana sudah siap untuk melangkah membantu Italia jika perlu.

"Jika suatu negara datang dan mengatakan pihaknya membutuhkan bantuan langsung, maka kita siap," katanya.

Kegelisahan sekitar 1,9 triliun euro (2,6 triliun dolar AS) utang Italia mendorong suku bunga pinjaman pemerintah ke tingkat yang mengkhawatirkan di atas tujuh persen minggu ini, meskipun turun kembali menjadi 6,9 persen pada Kamis, demikian AFP.
(A026/S006) 

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011