Jakarta (ANTARA) - China akan memulai pengembangan rekayasa untuk program eksplorasi Bulan fase keempatnya tahun ini, demikian menurut pejabat senior Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) pada Minggu (24/4).

Wahana penjelajah Bulan Chang'e-6, Chang'e-7, dan Chang'e-8 akan diluncurkan berturut-turut, dan China akan berupaya untuk membuat terobosan di bidang teknologi utama dan membangun stasiun penelitian Bulan internasional, papar Wakil Direktur CNSA Wu Yanhua pada upacara peluncuran Hari Luar Angkasa China 2022 yang digelar secara daring pada Minggu.

Dikatakan oleh Wu bahwa Chang'e-6 akan mengambil sampel dari sisi jauh Bulan. CNSA berencana mendirikan konstelasi satelit di sekitar Bulan untuk menyediakan layanan komunikasi dan navigasi.

Tujuan utama dari fase keempat ini adalah melakukan eksplorasi ilmiah di kutub selatan Bulan dan mendirikan stasiun penelitian ilmiah Bulan tipe dasar. Fase keempat akan dilakukan dalam tiga langkah, dengan wahana penjelajah Chang'e-6, Chang'e-7, dan Chang'e-8 diluncurkan sebelum 2030. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022