Jakarta (ANTARA News) - Tim putra dan putri Indonesia fokus mengamankan kemenangan pada pertandingan perdana bola basket SEA Games XXVI/2011 melawan Myanmar di Britama Arena Sports Mall Kelapa Gading Jakarta, Senin (14/11).

"Pertandingan pertama fokus untuk lawan Myanmar, putra maupun putri. Secara umum kondisi atlet sangat siap untuk pertandingan pertama," kata Asisten pelatih Tim Basket Indonesia, Johanis Winar di Jakarta, Sabtu.

Tim Myanmar merupakan tim yang jarang ditemui Timnas Indonesia di ajang internasional, sehingga Mario Wuysang dkk mewaspadai kekuatan lawan pertamanya itu.

Timnas bola basket Indonesia pada gaina putra tergabung di Grup B bersama Malaysia dan Singapura. Sedangan grup A tediri dari Thailand, Kamboja, Vietnam dan juara bertahan Filipina.

Sedangkan di bagian putri akan digelar dengan sistem round-robin. Seluruh tim peserta akan saling berhadapan dan peraih medali emas akan ditentukan dari klasemen akhir.

"Para pemain dari sisi fisik dan strategi sangat siap untuk pertandingan pertama, yang akan menentukan. Namun terkait kans dan strategi nanti saya nggak kompeten," kata Johanis Winar yang cukup lama membela klub Panasia Bandung itu.

Terkait keuntungan sebagai tuan rumah yang cukup mengenal medan lapangan, assisten pelatih yang akrab disapa Aang itu menyebutkan dalam perhelatan SEA Games seluruh peserta memiliki motivasi penuh yang harus diwaspadai

"Mereka melakukan persiapan optimal menjelang pertandingan SEA Games, motivasi mereka harus diwaspadai," katanya.

Sementara itu tim putra Indonesia dunggulkan memuncaki grup B. Sedangkan di grup A, Tim Filipina sebagai pemegang medali emas SEA Games XXV/2009 Laos diprediksi masih akan melanjutkan dominasinya.

(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011