Jakarta (ANTARA News) - Kondisi kesehatan pemain Timnas U-23 yang turun pada pertandingan SEA Games 2011 di Jakarta, Stevie Bonsapia, belum optimal, meski sudah keluar dari rumah sakit usai menjalani perawatan penyakit asam lambung.

Dokter Timnas Erwin Christianto di Jakarta, Sabtu, mengatakan, pemain asal Papua itu keluar dari rumah sakit pada Jumat (11/11) dan langsung bergabung dengan pemain lainnya di Hotel Sultan Jakarta.

"Dia (Stevie Bonsapia) sudah pulang dari rumah sakit. Untuk keputusan apakah mau dimainkan atau tidak tergantung pelatih (Rahmad Darmawan)," katanya usai mendampingi tim berlatih di Lapangan PSSI Senayan, Jakarta.

Menurut dia, tim dokter terus memantau perkembangan pemain Persipura itu. Sejauh ini kondisinya cukup menjanjikan dan berpeluang untuk bisa diturunkan pada pertandingan berikutnya.

"Kalau main terserah pelatih. Tapi, kalau bermain 90 menit, saya kira belum bisa. Pemulihannya belum sampai tahap itu," katanya menambahkan.

Stevie Bonsapia terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit pada Selasa (8/11), setelah mengkonsumsi minuman bersoda usai minum obat. Akibatnya, pemain spesialis bek kanan itu terkena asam lambung.

Meski demikian, saat latihan di Lapangan PSSI Senayan, Sabtu, Stevie Bonsapia sudah terlihat berada di lapangan, tetapi belum melakukan latihan dengan rekan-rekannya. Latihan berat hanya diberikan kepada pemain yang menjadi cadangan saat menghadapi Singapura.

Satu pemain lain yang kondisinya kurang maksimal adalah Titus Bonai. Pemain depan andalan Indonesia itu mengalami demam sehingga tidak mengikuti latihan yang telah dijadwalkan.

"Titus Bonai mengalami demam sehingga tidak ikut latihan, untuk Stevie Bonsapia masih dalam pemulihan. Kondisi mereka akan terus kami pantau, apakah memungkinkan untuk tampil besok," kata Pelatih Timnas Rahmad Darmawan.

Jika Stevie Bonsapia kembali absen saat menghadapi Thailand, maka sudah dua kali pemain Persipura Jayapura itu tidak memperkuat tim Merah Putih. Sebelumnya, dia juga absen saat Timnas melawan Singapura dan posisinya digantikan Hasim Kipuw.

Indonesia pada pertandingan ketiga Grup A SEA Games 2011 akan menghadapi Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (13/11).

Pertandingan ini diprediksi berlangsung seru karena merupakan pertandingan penentuan bagi tim Garuda Muda untuk lolos ke semifinal. Saat ini Indonesia berada di puncak klasemen rrup dengan mengoleksi enam poin. 

(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011