Palembang (ANTARA News) - Atlet Singapura, Zhang Jin, meraih medali emas pertama di cabang olahraga menembak pada pertandingan SEA Games XXVI berlangsung di lapangan tembak Jakabaring, Palembang, Sabtu.

Petembak Singapura, Zhang Jin meraih medali emas pada nomor 10 meter senapan angin pria dengan memperoleh total angka 588 menyisihkan tujuh atlet lainnya pada final.

Sementara di urutan kedua diraih petembak asal Malaysia, Jaafar Mohd Hadafi dengan angka 585 dan Thailand di posisi ketiga atas nama Chaisawat Weerawat membukukan angka 583.

Sementara petembak tuan rumah Indonesia, Dwi Firmansyah yang diturunkan pada nomor 10 meter jenis senapan angin pria itu berhasil masuk final, tetapi hanya mampu berada di urutan ke delapan dengan mengumpulkan angka hanya 581.

Indonesia sendiri pada nomor yang dipertandingkan itu, menurunkan dua petembak yakni Dwi Firmansyah dan Adri Maulana.

Sebelumnya, tim Indonesia bisa mendulang medali emas pada nomor 25 meter standar pistol pria individual atas nama Anang Yulianto dengan angka 569.

Petembak Malaysia, Abdullah Khalel berada diurutan kedua dengan angka 562 dan posisi ketiga diraih petembak Vietnam, Bui Quang Nam membukukan angka 559 pada 25 meter standar pistol pria individual.

Petembak Indonesia bisa menyumbangkan satu medali emas di hari pertama pertandingan, dan ini merupakan awal yang baik, kata Wakil Ketua Umum I Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Sumatera Selatan, Wasista Bambang Utoyo.

Mudah-mudahan hari selanjutnya petembak Indonesia bisa mengibarkan merah putih kembali di nomor pertandingan lainnya, ujar Wasista yang juga Ketua DPRD Sumsel tersebut.

Pada hari pertama pertandingan di cabang olahraga menembak mempertandingkan tiga nomor yakni 25 meter standar pistol pria individual, 10 meter senapan angin pria dan 50 meter senapan tiga posisi perempuan.

Di cabang olahraga menembak pada SEA Games XXVI di Palembang ini memperebutkan sebanyak 14 medali emas, 14 perak dan 14 medali perunggu.

(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011