Jakarta (ANTARA News) - Tim Indonesia memimpin sementara perolehan medali cabang Taekwondo SEA Games XXVI dengan tiga emas dan dua perunggu dari tujuh nomor yang dipertandingkan di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta, Sabtu.

Ketujuh nomor pertandingan terdiri dari kategori Poomsae masing-masing di tunggal putra, tunggal putri, tim putra, tim putri, pasangan putra-putri. Sedangkan kategori Kyorugi terdii dari putri di bawah 62 Kg dan putra di bawah 74 Kg.

"Kita meraih tiga emas seluruhnya dari kategori Poomsae tim putra direbut oleh Daniel Danny Harsono, Asep Santoso, dan Fazza Fitracahyo. Sedangkan tunggal putra oleh Daniel Danny Harsono dan tunggal putri oleh Lessitra Draningrati," kata Pelatih Tim Taekwondo Indonesia Budi Setiawan, usai perlombaan.

Sedangkan dua perunggu, diperoleh dari kategori Kyorugi putra di bawah 74 Kg oleh Yulius Fernando dan putri 62 Kg oleh Vonny Dian Pematasari.

Manajer Timnas Taekwondo Indonesia Yosep Hungan mengatakan, pihaknya sengaja hanya mengambil lima dari tujuh nomor yang dipertandingkan untuk menghindari taekwondoin juara dunia asal Vietnam dan Thailand.

"Kedua nomor yang sengaja kita hindari sebagai strategi adalah nomor poomsae campur putra-putri dan poomsae tim putri," katanya.

Sementara itu, Vietnam berada di urutan kedua perolehan sementara medali dengan dua emas dari kategori kyorugi putra di bawah 72 Kg oleh Thanhtam Duong dan poomsae pasangan Dewasa oleh Dinh Toan Nguyen dan Minh Tu Nguyen.

Sementara, dua perak diraih dari kategori kyorugi putri di bawah 62 Kg oleh Thanh Thao Nguyen dan poomsae tunggal putra oleh Dinh Toan Nguyen.

Sedangkan Filipina berada pada posisi ketiga peraihan medali sementara dengan mengumpulkan dua emas dari nomor kyorugi putri di bawah 62 Kg oleh Maria Camile Manalo dan poomsae tim putri oleh Rani Ann Ortega, Francesca Camille Alarilla, dan Ma Carla Janice Lagman.

Filipina juga mendapat satu perak dan satu perunggu dari nomor Poomsae Pasangan Dewasa oleh Vidal Marvin Gabriel dan Shaneen Ched Sia. Satu perunggu kembali dipersembahkan Vidal Marvin Gabriel dari nomor Poomsae Tunggal Putra.

Posisi ke empat ditempati Thailand dengan mengoleksi dua medali perak dari nomor kyorugi putra di bawah 74 Kg oleh Peerathep Sila-on dan nomor poomsae tim putra oleh Sattawath Chomchuen dan Pongchanok Kanklab.

Thailand juga meraih satu perunggu dari nomor poomsae tunggal putri dewasa oleh Pich-Chapha Tanakitcharoenpat.

Sementara Singapura berada di urutan kelima dengan perolehan satu perak dari nomor poomsae tunggal putri dewasa oleh Joyce Soon Yi Lim dan satu perunggu dari nomor poomsae tim putri oleh Samuel Lee Kang Wei, Jason Tanjun Wei, dan Muhammad Norhalimbz.

Laos berada di urutan enam dengan mengoleksi satu perunggu dari nomor poomsae tim putra dewasa oleh Vilayvong Sengmany, Bounheng Panyasit, dan Manirard Soukthavone.

Kemudian Kamboja diurutan tujuh dengan perolehan satu perunggu dari nomor kyorugi putri di bawah 62 kg oleh Sev Mey Sorn, dan Malaysia diurutan delapan dengan satu perunggu dari nomor poomsae pasangan dewasa oleh Ahmady Radi dan Morren Urai Lian.
(KR-AFR)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011