Jakarta (ANTARA) - Jimmy Butler mengaku absennya Kyle Lowry menjadi motivasi penting baginya saat ia memimpin Miami Heat melumat Atlanta Hawks 110-86 dalam Gim 4 putaran pertama playoff Wilayah Timur NBA di Georgia, Minggu waktu setempat.

Lowry sebelumnya gagal menuntaskan Gim 3 tiga hari lalu karena cedera hamstring yang dideritanya dan hal itu memaksa mantan bintang Toronto Raptors itu kembali menepi di pertandingan kali ini.

Butler merespon situasi itu dengan penampilan dominan mencetak 36 poin dan mengamankan 10 rebound bagi Heat yang kini mengungguli Hawks 3-1 dan hanya berjarak satu kemenangan lagi untuk melangkah ke semifinal Timur.

"Semua orang menyerukan di telinga saya untuk terus tampil agresif dan berani lebih banyak melepaskan tembakan," kata Butler selepas pertandingan seperti dikutip dari situs resmi NBA, Senin.

"Malam ini semuanya berjalan dengan baik. Kami membutuhkan satu kemenangan lagi yang harus bisa didapatkan," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Jimmy Butler pimpin Heat rebut Gim 4 demi ungguli Heat 3-1

Pebasket berusia 32 tahun itu sempat terlambat panas, di mana dia hanya bisa mencetak angka satu kali dari tujuh percobaan tembakan sebelum memperbaiki performanya dan melesakkan lima lemparan demi memimpin momentum Heat membalikkan kedudukan di akhir paruh pertama.

Di kuarter kedua, Heat mampu mengungguli raihan angka Hawks 30-15 di mana Butler juga berkontribusi lewat 10 rebound, empat assist serta memblok sebuah tembakan lawan.

Sementara Butler merebut lampu sorot utama dari kemenangan kali ini, pelatih kepala Heat Erik Spoelstra memberi perhatian tersendiri bagi Victor Oladipo yang menandai penampilan perdananya di seri playoff ini dengan raihan enam poin, delapan rebound dan empat assist selama melantai 23 menit.

"Saya sangat mengaguminya karena ketabahan yang ia perlihatkan," kata Spoelstra.

Meski tak mencapai dua digit di kategori apapun, itu menjadi penampilan menjanjikan bagi Oladipo yang menutup musim reguler dengan aksi gemilang 40 poin, 10 rebound dan tujuh assist melawan Orlando Heat pada 10 April lalu.

"Saya siap," kata Oladipo saat ditanya apakah ia sudah diberitahu sebelum pertandingan bakal mendapat menit bermain. "Tak seorang pun perlu memberi tahu saya apapun."

Heat berpotensi mengunci langkah mereka ke semifinal Timur apabila mampu meraih kemenangan sat menjamu Hawks untuk Gim 5 di FTX Arena, Florida, Selasa (26/4) waktu setempat.

Baca juga: Jokic optimistis walau Nuggets masih tertinggal 1-3 dari Warriors
Baca juga: Cemoohan Chicago memantik api performa Grayson Allen
Baca juga: Jokic optimistis walau Nuggets masih tertinggal 1-3 dari Warriors

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022