Jambi (ANTARA) - Basarnas Jambi menyiagakan personel dan peralatan utama dalam Operasi Lebaran melalui program Siaga SAR Khusus Lebaran 2022, terutama melakukan pertolongan korban bencana.

"Kami siap mengerahkan 65 personel beserta alat utama selama siaga Operasi Lebaran," kata Kepala Basarnas Jambi Abdul Malik usai menggelar apel siaga tim SAR di lapangan Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jambi di Jambi, Selasa.

Apel Siaga Khusus Lebaran 2022 dipimpin Kepala Kantor Basarnas Jambi Abdul Malik, antara lain dihadiri pejabat kantor serta personel siaga dan dilaksanakan bersama dengan Pos SAR Bungo, Pos Kerinci, dan Unit Siaga SAR Tungkal.

Pada apel tersebut, Abdul Malik menyampaikan amanat Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi yang menyatakan bahwa pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya di mana pemerintah telah memperbolehkan mudik Lebaran tahun ini dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: Basarnas Lampung siagakan KN Basudewa pantau Gunung Anak Krakatau

Basarnas juga meningkatkan kesiapsiagaan personel untuk pelayanan SAR bagi masyarakat. Pada mudik tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas warga sehingga perlu antisipasi.

Siaga SAR Khusus Lebaran 2022 selama 25 April-10 Mei 2022. Kantor Basarnas Jambi menyiagakan 65 personel pada kegiatan itu didukung kesiapan peralatan, antara lain rescue boat 310 di unit siaga SAR Kuala Tungkal, KN 414 di Nipah Panjang, RIB 01 dan 02 disiagakan di perairan Tanjung Jabung.

Selain itu, peralatan utama khusus di darat, di antaranya rescue car, rescue D max box, mobil truck compartment, truck personel dan amphibious rescue car yang akan beropersi secara bergerak di wilayah Jambi.

"Basarnas Jambi juga selalu siap siaga 24 jam dalam pelayanan SAR untuk masyarakat di wilayah Provinsi Jambi. Untuk 'call center' Basarnas yaitu di 115 atau 0741571111," kata Abdul Malik.

Baca juga: Basarnas siapkan sembilan pos untuk siaga bantuan di jalur mudik Jabar
Baca juga: Basarnas Kendari siagakan 122 personel khusus Idul Fitri
Baca juga: Basarnas Cilacap siagakan 64 personel pada masa Lebaran 2022

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022