Jakarta (ANTARA) -

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) merupakan ikhtiar membangun bangsa berbasis pengurangan risiko bencana.

Momen HKB 2022 yang bertepatan pada Selasa, menurut mantan Pangdam V Brawijaya tersebut juga merupakan upaya membangun ketangguhan bangsa.

"Hari Kesiapsiagaan Bencana merupakan ikhtiar kita dalam membangun bangsa berbasis pengurangan resiko bencana, pembangunan karakter budaya sadar bencana yang terikat kuat sejak dini perlu kita tumbuhkan," kata Suharyanto dalam sambutan puncak HKB 2022 diikuti secara daring di Jakarta.

Baca juga: BNPB: HKB di Gunung Merapi karena kearifan lokal kesiapsiagaan bencana

Suharyanto mengatakan sebagai pemangku di tingkat pusat, BNPB telah melaksanakan langkah-langkah penanggulangan bencana, baik dari mulai tahap pencegahan, tahap tanggap darurat, maupun pascabencana.

Menurut dia, membangun bangsa yang tangguh adalah keniscayaan bukan sesuatu yang mustahil, apabila ada dukungan dan komitmen bersama yang kuat dalam diri, jiwa, dan hati.

Selain itu, membangun ketangguhan melalui kesiapsiagaan dan pembangunan budaya sadar bencana tidak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah saja.

"Diperlukan kolaborasi pentaheliks dari berbagai lini yaitu pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga usaha, akademisi, dan masyarakat atau komunitas," kata dia.

Baca juga: Pemkab Sleman dukung HKB 2022 tingkatkan kapasitas masyarakat

Dia mengatakan kekuatan tersebut yang menjadi energi besar untuk membangun peradaban bangsa berbasis pengurangan risiko bencana.

Peringatan puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana di Taman Ledok Sari Balerante, Klaten, Jawa Tengah, ditandai dengan membunyikan sirine dan kentongan pada pukul 10.00 WIB selama 1 menit sebagai simbol dimulainya langkah kesiapsiagaan.

Selain itu dilakukan latihan evakuasi masyarakat mandiri di sejumlah wilayah di antaranya Desa Tlogolele, Boyolali; Desa Klakah, Boyolali; Desa Kemiren, Magelang; Desa Balerante, Klaten; Desa Glagaharjo, Sleman, Pusdiklat PB BNPB di Sentul, dan Graha BNPB di Jakarta.

Baca juga: HKB 2022 libatkan masyarakat seiring penurunan kasus COVID-19

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022 mengangkat tema "Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana".

Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022 diperingati pada 26 April, sebagai peringatan disahkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.
Tangkapan layar kegiatan pembunyian kentongan dalam peringatan puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2022 diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (26/4/2022). (ANTARA/Devi Nindy)

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022