Denpasar (ANTARA News) - PT XL Axiata Tbk (XL) turut serta mendukung suksesnya penyelenggaraan SEA Games dengan menyiapkan jaringan layanan seluler di sekitar lokasi pesta olahraga akbar itu, baik di Palembang maupun Jakarta.

"Khusus di Kota Palembang, kami sudah melakukan persiapan jaringan dengan antara lain memindahkan transmisinya menggunakan Over Internet Protokol," kata General Manager Network Operation XL Sumbagsel, Hengky Witarsa, melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Denpasar, Senin.

Dia menjelaskan, hal ini memungkinkan kapasitas yang akan disalurkan jauh lebih besar dari sebelumnya dan sekaligus membuktikan bahwa XL siap mensukseskan terselenggaranya pesta olahraga terbesar Asia Tenggara ini.

Hengky menambahkan, sejumlah site XL di Kota Palembang sudah menggunakan "second carrier", yaitu dua 3G per base transceiver station (BTS), sehingga jaminan kecepatan yang didapatkan pelanggan akan jauh lebih baik.

Saat ini di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu, XL memiliki 507 BTS, 60 unit di antaranya sudah menggunakan jaringan 3G.

Menurut dia, kualitas jaringan yang baik akan mendukung kebutuhan komunikasi baik voice, SMS dan juga akses data yang pasti sangat dibutuhkan selama berlangsungnya pesta olahraga tersebut.

Hengky menjelaskan, masih terkait dengan dukungan penyediaan jaringan yang berkualitas bagi penyelenggaraan pesta olah raga ini, sebelumnya pihaknya juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, pada Rabu (9/11).

"Kami akan memberikan bantuan kepada pihak Polda Sumatera Selatan untuk pengamanan dari jalur telekomunikasi. Salah satunya adalah meliputi routing panggilan darurat 112 dari telepon seluler pelanggan XL yang langsung tersambung dengan unit-unit di kepolisian daerah Sumatera Selatan," ujarnya.

Dia menambahkan, panggilan darurat 112 dari telepon itu dapat diakses langsung oleh masyarakat dan penggguna layanan XL apabila ingin melaporkan tindak kejahatan kepada pihak kepolisian.

Hengky berharap melalui kerja sama tersebut, kedua pihak akan bisa memaksimalkan pengamanan selama dan setelah penyelenggaraan kegiatan sebesar itu.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011