Jakarta (ANTARA News) - Dua taekwondoin Indonesia berhasil menambahkan dua emas bagi tuan rumah dalam pertandingan pada hari ketiga SEA Games XXVI di GOR POPKI Cibubur, Senin.

Dua emas tersebut dipersembahkan oleh Basuki Nugroho yang mengalahkan taekwondoin Filipina Jose Anthony Soriano dengan skor akhir 7-2 di nomor Kyorugi Putra di bawah 87 kg.

"Seluruh poin diperoleh Basuki dari tendangan lurus ke arah badan dengan poin satu per tendangan sebanyak tujuh kali," kata Manajer Taekwondo Indonesia, Yosep Hungan, usai pertandingan.

Basuki melaju ke babak final setelah menang tipis menghadapi taekwondoin Vietnam, Nguyen Trong Cuong, di babak semi final dengan skor 7-6.

Satu medali emas lainnya dipersembahkan oleh Fransisca Valentina di nomor Kyorugi Putri di bawah 46 kg usai mengalahkan lawannya Nurul Asfahlina dari Malaysia di babak final dengan skor akhir 8-2.

Fransisca sebelumnya lolos dari babak penyisihan awal melawan taekwondoin asal Thailand, Buttree Puedpong, yang skaligus menjadi lawan terberatnya sepanjang nomor pertandingan tersebut dengan skor 2-1.

Di babak semi final, Fransiska berhasil meraih poin tertingginya sepanjang pertandingan dengan menang telak atas taekwondoin asal Timor Leste, Luisa Dos Santos Rosa 14-0.

"Saya bangga dengan penampilan atlet saya karena target untuk bisa meraih dua emas dari lima nomor pertandingan hari ini tercapai," kata Yosep.

Dengan tambahan emas tersebut, Indonesia sudah mengumpulkan lima emas dan berada di peingkat kedua setelah Thailand.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011