Kuala Lumpur (ANTARA News) - Malaysia mencatat angka obesitas (kegemukan) tertinggi di Asia Tenggara dan peringkat ke enam tertinggi di kawasan Asia Pasifik, kata Deputi Menteri Kesehatan Malaysia Datuk Rosnah Abdul Rashid Shirlin.

"Ini satu masalah yang harus kita pikirkan bersama dan menggugah kesadaran warga untuk mengurangi konsumsi gula. Kami melihat serius masalah ini karena konsumsi gula berlebih dapat menimbulkan berbagai penyakit termasuk diabetes," katanya di Dewan Rakyat, Kuala Lumpur, seperti dikutip Bernama, Selasa.

Rosnah mengatakan konsumsi gula masyarakat Malaysia terlalu tinggi rata-rata 51 gram per hari, di atas rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebanyak 50 gram per hari.

Ia mengatakan, dari 1.266 sampel makanan yang dianalisa pada 2009, 92 diantaranya atau sekitar 7,3 persen mengandung kadar gula yang terlalu tinggi.

Pada 2010, dari 2.004 sampel yang diteliti sebanyak 108 sampel atau 5,4 persen memiliki kadar gula berlebih.

Rosnah mengatakan pemerintah Malaysia secara rutin mengeluarkan peringatan berdasarkan Regulasi Pangan tahun 1985 untuk menjamin penyediaan makanan yang aman untuk dikonsumsi.
(ANT)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011