Jakarta (ANTARA) - Jumlah pemudik pengguna moda transportasi kereta api (KA) dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir, Jakarta ke berbagai kota di Pulau Jawa, mencapai 31.200 orang, Rabu atau H-5 menjelang Lebaran. 

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa di Jakarta, mengatakan jumlah tersebut merupakan akumulasi dari jumlah 13.800 pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir dan 17.400 orang dari Stasiun Pasar Senen.

Pergerakan pemudik mengalami kenaikan dibanding hari sebelumnya pada Selasa (26/4), yakni 28.000 orang.

“Volume penumpang dari Gambir mencapai 95 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 14.500 kursi, sedangkan dari Stasiun Pasar Senen mencapai 85 persen dari kapasitas 20.500 kursi yang tersedia,” kata Eva.

Sebanyak 33 KA beroperasi dari Stasiun Gambir dengan delapan di antaranya merupakan KA tambahan. Sementara untuk Stasiun Pasar Senen terdapat 28 KA beroperasi, dua KA di antaranya merupakan KA tambahan.

Baca juga: BNN tes urine sopir di Terminal Kampung Rambutan

Eva menambahkan keberangkatan pemudik dari Jakarta sampai dengan Rabu ini sudah mencapai 86 persen dari total tiket yang disediakan selama masa periode Lebaran, yakni 362.000 tiket.

Meski periode mudik untuk perjalanan kereta api telah dimulai sejak 22 April, namun tanggal keberangkatan yang paling banyak dipilih penumpang untuk mudik adalah 27, 28, 29, 30 April dan 1 Mei.

Adapun tujuan favorit pada mudik kali ini adalah Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon dan Bandung.

Salah seorang penumpang KA tujuan Yogyakarta, Aditya, mengatakan sangat bersyukur masih kebagian tiket.

Ia sudah memesan tiket KA satu bulan sebelumnya.

Baca juga: ARUS MUDIK - Gubernur Anies lepas pemudik gratis di Pulo Gebang

“Saya dapat tiket mudik tanggal 27 April karena tiket untuk tanggal-tanggal lain yang mendekati Lebaran sudah habis,” katanya.

“Tapi beruntung masih dapat tiket,” katanya lagi.

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022