Jakarta (ANTARA) - Jumlah pemudik di Terminal Kampung Rambutan pada H-5 Idul Fitri 2022 masih stabil pada angka 900-1000 orang dengan ratusan armada bus AntarKota AntarProvinsi (AKAP) baik untuk tujuan di Pulau Jawa maupun Sumatera.

"Tren dari 23 April memang stabil di angka 900-1000 penumpang per harinya. Memang ada kenaikan sedikit, tapi dari jumlah penumpang yang biasa," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu.

Ada pun untuk pemudik di Rabu (27/4) yang tercatat pergi dari Terminal Kampung Rambutan berjumlah 1.198 orang dengan 498 bus.

Untuk destinasi yang paling banyak dituju oleh para pemudik masih didominasi untuk tujuan Sumatera dengan destinasi Padang dan Palembang.

Sementara untuk para pemudik ke arah timur Jawa juga terpantau cukup banyak dengan destinasi favorit Semarang, Purwokerto, Slawi dan Tegal.

Baca juga: Polres Jaktim pastikan posko mudik Terminal Kampung Rambutan optimal

"Belum ada lonjakan yang tinggi ya situasinya, jadi penumpang-penumpang ini masih bisa dilayani dengan bus-bus yang ada sampai hari ini dengan sangat baik,"kata Yulza.

Jika nantinya didapati lonjakan penumpang, maka nantinya Terminal Kampung Rambutan akan menambah armada dari cadangan yang sudah disiapkan.

Untuk puncak arus mudik di Terminal Kampung Rambutan diperkirakan akan berlangsung pada H-3 atau H-4 menuju Idul Fitri 2022.

Jika dibandingkan dengan kondisi mudik di 2019 saat kondisi sebelum pandemi, jumlah pemudik yang terpantau di 2022 turun jauh.

Pada 2019, puncak arus mudik terjadi pada H-1 menuju Idul Fitri dengan jumlah penumpang mencapai 14.604 dan armada mencapai 452 bus.

Baca juga: BNN tes urine sopir di Terminal Kampung Rambutan

Perbedaan lainnya bisa dilihat di persentase destinasi mudik, terjadi diversifikasi pada 2022 dibanding 2019.

Destinasi pada 2022 terdiri dari daerah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, DI Yogyakarta, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sementara di 2019, destinasi yang dituju pemudik lebih sedikit terdiri dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022