Banda Aceh (ANTARA) - Pengurus Masjid Raya Baiturrahman di Provinsi Aceh mulai melakukan persiapan untuk malam takbiran dan Shalat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah yang kemungkinan jatuh pada Senin (2/5).

“Alhamdulillah kita sudah melakukan berbagai persiapan, tadi pagi juga ada rapat persiapan,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Masjid Raya Baiturrahman Saifannur di Banda Aceh, Rabu.

Dia menjelaskan persiapan yang dilakukan mulai dari koordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI hingga memastikan aliran listrik di masjid tidak terganggu saat ibadah Shalat Id.

Baca juga: Wapres shalat tarawih di Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Rapat persiapan juga membahas pembersihan masjid sehari sebelum Shalat Id. Kemudian juga menyiapkan segala perlengkapan saat shalat, mulai dari pembatas hingga beberapa lainnya.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan PLN terkait dengan pasokan listrik ke masjid agar tetap aman Shalat Id. Kendati demikian, petugas juga menyiapkan genset untuk mengantisipasi apabila listrik padam saat pelaksanaan Shalat Id.

“Terkait listrik kita sudah konfirmasi sama teknisi, kita juga koordinasi dengan PLN. Kalau genset kita juga stanby,” katanya.

Baca juga: Masjid Raya Banda Aceh tak lakukan lagi Shalat Tarawih berjaga jarak

Untuk pengamanan selama Shalat Id, pihaknya berkoordinasi dengan TNI/Polri dan juga dibantu pengamanan internal dari pengurus masjid kebanggaan rakyat Aceh itu.

Menurut Saifannur, masjid itu bisa menampung lebih dari 12.000 jamaah. Baik di dalam masjid maupun di halaman masjid, di bawah payung-payung elektrik seperti Masjid Nawabi Kota Madinah.

“Di basement, koridor masjid juga bisa untuk shalat. Kalau persiapan Insha Allah kita sudah siap untuk Shalat Id,” katanya.

Baca juga: Kementerian ATR/BPN serahkan sertifikat tanah wakaf Masjid Raya

Gubernur Aceh Nova Iriansyah dijadwalkan Shalat Id di Masjid Raya Baiturrahman, begitu juga dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh lainnya.

Sedangkan yang akan menjadi khatib yakni Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Syahrizal Abbas MA.

Selain persiapan Shalat Id, pihaknya juga telah menyiapkan malam takbiran di Masjid Raya Baiturrahman dalam bentuk festival takbir. Para peserta merupakan pemenang pada Festival Idul Fitri dan Idul Adha tahun 2021. Acara akan berlangsung di halaman masjid.

“Jadi mereka yang akan mengisi malam takbiran Idul Fitri 1443 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman,” katanya.

Pelaksanaan Shalat Id di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh tidak memberlakukan pembatasan saf atau pengaturan jaga jarak sesama jamaah. Namun para jamaah diharapkan dapat menjaga kesehatan masing-masing.

Baca juga: Khatib ajak masyarakat tingkatkan solidaritas di tengah pandemi

Baca juga: Polda Aceh semprot disinfektan Masjid Raya untuk cegah COVID-19

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022