Jakarta (ANTARA) - Berikut ini adalah ringkasan berita tentang COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Malaysia akan cabut pembatasan COVID

Malaysia akan melonggarkan lebih banyak pembatasan COVID-19 mulai awal bulan depan, termasuk mencabut aturan bagi mereka yang belum divaksin dan menghapus kewajiban memakai masker di dalam ruangan, kata menteri kesehatan negara itu.

Negara itu telah mengalami sejumlah wabah COVID-19 terburuk di Asia Tenggara, namun lonjakan kasus sejak itu telah berkurang di tengah meningkatnya program vaksinasi.

Beijing kembali gelar tes COVID-19 massal

Jutaan orang di Beijing menjalani tes COVID-19 kedua pekan ini pada Rabu ketika ibu kota China itu berusaha agar lonjakan kasus tidak menjadi krisis seperti yang sedang dialami Shanghai.

Bukti bahwa penguncian panjang di Shanghai nyaris menjadi krisis bagi kebanyakan penduduk terlihat hampir setiap hari di negara yang memberlakukan sensor internet secara ketat itu.

Sebuah video yang beredar luas, tapi kemudian dihapus, memperlihatkan seorang warga asing berusaha menerobos penghalang logam di sebuah jalan di Shanghai, sebelum dipaksa mundur dan diamankan oleh empat orang berpakaian pelindung.

Uni Eropa bergerak menjauhi fase pandemi

Komisi Eropa akan mengumumkan bahwa Uni Eropa (EU) telah memasuki fase baru pascadarurat pandemi, ketika tes COVID menjadi target dan pengawasan kasus infeksi harus disamakan pengawasan flu berbasis sampel, menurut draf dokumen yang dilihat oleh Reuters.

Peralihan itu muncul di tengah penurunan kasus secara bertahap dan anjloknya angka kematian terkait COVID-19, berkat penyebaran varian Omicron yang kurang ganas dan tingkat vaksinasi yang mencapai lebih dari 70 persen dari populasi EU. Separuh dari jumlah penduduk di kawasan itu telah menerima dosis penguat vaksin.

Studi: Lebih dari separuh penduduk AS telah terinfeksi COVID

Menyusul rekor kasus COVID-19 selama gelombang Omicron, sekitar 58 persen populasi AS dan lebih dari 75 persen anak-anak telah terinfeksi virus corona sejak awal pandemi, menurut hasil survei tes darah secara nasional yang dirilis pada Selasa.

Penelitian yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS itu menandai kali pertama separuh lebih populasi AS telah terinfeksi virus SARS-CoV-2 setidaknya satu kali, dan memberikan gambaran rinci tentang dampak lonjakan Omicron di AS.

AS akan perluas distribusi pil antivirus COVID

Pemerintahan Presiden Joe Biden berencana memperluas akses ke pengobatan antivirus COVID secara oral seperti Paxlovid dari Pfizer dengan melipatduakan jumlah lokasi yang menyediakannya, kata Gedung Putih, Selasa.

Apotek yang ikut mendistribusikan obat itu dalam program federal tersebut akan dapat memesannya secara gratis kepada pemerintah AS mulai pekan ini.

Pfizer/BioNTech ajukan izin penggunaan booster buat anak-anak

Pfizer dan mitranya BioNTech mengatakan pada Selasa mereka telah mengajukan izin penggunaan kepada regulator kesehatan AS bagi dosis booster vaksin COVID-19 buatan mereka bagi anak usia 5-11 tahun.

Kedua perusahaan itu pada bulan ini melaporkan data penelitian tahap menengah hingga akhir yang menunjukkan bahwa dosis ketiga vaksin mereka meningkatkan perlindungan terhadap varian asli virus corona dan varian Omicron pada anak-anak dari kelompok usia itu.

Sumber: Reuters
Baca juga: Gelombang baru COVID di Shanghai tewaskan 190 orang, termuda 33 tahun
Baca juga: Kasus kematian COVID di Shanghai terus bertambah
Baca juga: Soal penghapusan wajib masker, Departemen Kehakiman AS akan banding

Pewarta: Anton Santoso
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2022