Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita dari Kantor Berita ANTARA pada Rabu (27/4) menarik perhatian pembaca, mulai dari pemerintah resmi melarang ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan turunannya mulai 28 April 2022, hingga kunjungan tiga menteri ke dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam.


Pemerintah larang ekspor CPO dan turunannya mulai 28 April

Pemerintah akan melarang ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan turunannya mulai 28 April 2022 untuk menekan harga minyak goreng curah bisa mencapai Rp14 ribu per liter.

Adapun yang dimaksud CPO dan turunnya yakni CPO, minyak sawit olahan (RPO), Refined, Bleached, Deodorized Palm Olein (RBD Palm Olein), Pome, dan Used Cooking Oil.

"Seluruhnya sudah tercakup dalam Peraturan Menteri Perdagangan dan akan dilakukan malam hari ini pukul 00.00 WIB tanggal 28 April karena ini sesuai dengan apa yang sudah disampaikan oleh Bapak Presiden," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

Mendag terbitkan aturan larangan sementara ekspor CPO, RBD, dan UCO

Menteri Perdagangan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2022 tentang Larangan Sementara Ekspor Crude Palm Oil (CPO), Refined, Bleached, and Deodorized Palm Oil (RBD Palm Oil), Refined, Bleached and Deodorized Palm Olein (RBD Olein), dan Used Cooking Oil (UCO) pada 27 April 2022.

Melalui aturan tersebut, Mendag mengatur larangan sementara Ekspor CPO, RBD Palm Oil, RBD Olein, dan UCO.

CPO, RBD Palm Oil, RBD Olein, dan UCO sebagaimana dimaksud tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri itu.

Baca selengkapnya di sini

 

Kemenperin: Distribusi minyak goreng curah bersubsidi penuhi target

Data rekapitulasi Simirah (Sistem Informasi Minyak Goreng Curah) yang dikelola Kementerian Perindustrian hingga tanggal 27 April 2022 pukul 13.45 WIB, menunjukkan distribusi minyak goreng curah mencapai 193.467 ton selama 27 hari pada April 2022 atau rata-rata 7.165 ton per hari.

“Artinya, dari angka tersebut, rata-rata distribusi minyak goreng curah bersubsidi sudah dapat memenuhi kebutuhan secara nasional yang sebanyak 7.000 ton per hari,” ungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

 

Presiden cabut larangan ekspor minyak goreng jika domestik terpenuhi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan mencabut larangan ekspor minyak goreng dan bahan baku minyak goreng jika kebutuhan untuk pasar dalam negeri sudah tercukupi.

Presiden Jokowi dalam konferensi pers daring dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu malam, menekankan pemenuhan kebutuhan bahan pokok rakyat, termasuk minyak goreng, menjadi prioritas terpenting dari kebijakan pemerintah.

“Begitu kebutuhan dalam negeri sudah terpenuhi, tentu saya akan mencabut larangan ekspor karena saya tahu negara perlu pajak, negara perlu devisa, negara perlu surplus neraca perdagangan,” kata Presiden.

Baca selengkapnya di sini



Tiga menteri tinjau perkembangan dua KEK di Batam

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, dan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Kepala Bappenas, Suharso Manoarfa, tinjau perkembangan dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam, Rabu.

Dua kawasan itu terdapat pembangunan hanggar baru sektor perawatan pesawat, Repair and Overhaul Batam Aero Technic (BAT) di Bandara Hang Nadim dan Nongsa Digital Park (NDP).

“Untuk di bandara dari kunjungan bulan Juni lalu, sudah ada progres. Pembangunan hanggar baru, kapasitas 'maintenance' meningkat, jumlah tenaga kerja juga meningkat jadi 3000 orang, 1500 insinyur dan sisanya mekanik,” ujar Airlangga.

Baca selengkapnya di sini

 

 

 

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2022