Nusa Dua (ANTARA News) - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto menyatakan persoalan Papua tidak akan dibahas dalam KTT ke-19 ASEAN dan KTT ke-6 Asia Timur karena masalah domestik Indonesia yang akan diselesaikan secara internal.

"Ini lebih pada masalah domestik, tidak ada kaitan dengan pola kerja sama ASEAN," katanya, usai memimpin Sidang ke-6 Dewan Komunitas Politik-Keamanan ASEAN di Nusa Dua, Bali, Rabu.

Ia menegaskan "Apapun yang terjadi di Papua adalah masalah internal Indonesia dan akan diselesaikan secara internal pula." .

Kelompok pembela HAM dunia Amnesty International mendesak Australia dan Amerika Serikat memanfaatkan KTT ke-6 Asia Timur di Bali untuk membahas Papua.

Presiden AS Barack Obama dan Perdana Menteri Australia Julia Gillard memang akan menghadiri KTT Asia Timur dan akan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Amnesty International mengecam kehadiran media dan organisasi asing di Papua.

"Kami terus mendapatkan laporan meyakinkan bahwa adanya tindakan kekerasan yang melibatkan penggunaan kekerasan dan senjata dari pihak keamanan Indonesia," kata Joseph Benedict dari Amnesty International seperti dikutip The Age, Selasa (15/11)(*)

R018/R010

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011