Kuta (ANTARA News) - Empat belas penerbangan baik domestik maupun internasional yang melalui Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, akan mengalami penundaan (delay) saat Presiden Amerika Serikat Barack Obama tiba di Bali, Kamis malam.

Pihak otoritas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ngurah Rai, Sugiyono, kepada ANTARA mengatakan, ke-14 penerbangan itu memiliki jadwal hampir berdekatan dengan jadwal mendarat pesawat kepresidenan Air Force One, yang membawa Obama dan rombongan.

"Sesuai aturan internasional, jika ada penerbangan VVIP maka akan dilakukan penundaan sekitar 30 menit sebelum kedatangan pesawat VVIP dan 15 menit sesudah pesawat VVIP mendarat," ungkapnya.

Presiden Barack Obama akan tiba di Bali dari lawatannya ke Australia sekitar pukul 19.00 WITA. Kehadiran Obama untuk mengikuti KTT ke-6 Asia Timur yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Sebelumnya, sejumlah pimpinan negara mitra ASEAN telah tiba di Bali seperti Perdana Menteri China Wen Jiabao, Presiden Korsel Lee Myung-bak, PM Jepang Yoshihiko Noda, dan PM India Manmohan Singh.

Terkait pelaksanaan KTT ke-19 ASEAN dan KTT terkait, PT Angkasa Pura II Bandara Ngurah Rai menyediakan 16 area parkir bagi para pesawat kepala negara/pemerintahan negara ASEAN dan mitra serta empat ruang VVIP.

(R018/A023)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011