Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Datang terakhir kali ke Bali Nusa Dua Convention Centre untuk menghadiri Gala Dinner, Presiden AS Barack Obama mengenakan tenun ikat seperti para pemimpin ASEAN dan para mitranya.

Obama yang tetap datang menumpang Chevy Suburban --bukan kendaraan kepresiden Cadillac One-- adalah tamu terakhir di acara jamuan makan para pemimpin ASEAN dan mitra-mitra wicaranya itu.

Begitu memasuki pintu utama BNDCC, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono menanti untuk menyambut Obama yang mengenakan tenun ikat berwarna dominan hijau.

Sebelumnya para pemimpin ASEAN termasuk PM Thailand Yingluck Shinawatra dan pemimpin Asia Timur termasuk PM India Manmohan Singh, mendahului Obama tiba di BNDCC.

Namun dalam acara yang didahului sajian tari Bali yang kemudian disambung pidato pembuka dari Yudhoyono itu, Presiden Filipina Benigno Aquino III tidak tampak hadir.

Yudhoyono dan Ani Yudhoyono mempersilakan satu per satu tamu memasuki ruang tunggu jamuan makan malam.  Orang terakhir yang dipersilakan memasuki ruang tersebut adalah Barack Obama.

Namun berbeda dari para pemimpin sebelumnya, Obama ditemani pasangan Presiden Yudhoyono dan Ani Yudhoyono untuk memasuki ruang tunggu Gala Dinner itu.

Lalu, didahului foto bersama, para pemimpin ASEAN dan mitra-mitra ASEAN tersebut memasuki ruangan jamuan makan secara berbarengan.

Mereka duduk.  Yudhoyono berdekatan dengan Obama.  PM China Wen Jiabao mengapit Obama di sebelah kanannya.  Pada beberapa kesempatan Jiabao dan Obama terlihat berbincang akrab. (*)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011