Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita dari Kantor Berita ANTARA selama sepekan sejak Senin (25/4) hingga Sabtu (30/4) menarik perhatian pembaca, mulai dari Presiden Joko Widodo yang mengharapkan Jepang turut membangun infrastruktur di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, hingga Jasa Marga mencatat rekor melayani volume lalu lintas (lalin) tertinggi pada periode arus mudik Lebaran di Indonesia selama ini.


1. Presiden harap partisipasi Jepang untuk proyek infrastruktur di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan Jepang berpartisipasi dalam pembangunan berbagai proyek infrastruktur di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

“Ke depannya Indonesia mengharapkan partisipasi Jepang pada proyek-proyek infrastruktur seperti di Ibu Kota Nusantara dan juga untuk Ambon Port (Pelabuhan Ambon),” kata Presiden dalam konferensi pers bersama Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Baca selengkapnya di sini


2. BI siapkan uang Lebaran Rp202,7 triliun

Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang guna menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 2022 senilai Rp202,7 triliun atau naik 31,2 persen (yoy).

"Kita punya perhitungan antara Rp175,26 triliun sampai dengan Rp202,7 triliun. Kenapa ada angka 202 (Rp202,7 triliun), karena waktu itu pemerintah mengumumkan akan ada pembayaran THR, gaji 13, sekaligus percepatan bansos," kata Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Eva Aderia saat meninjau penukaran uang baru di Pasar Pramuka, Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


3. Kemenkeu: S&P perbaiki "outlook" RI tanda arah kebijakan makro kuat

Kementerian Keuangan menyatakan keputusan lembaga pemeringkat kredit S&P, yang mempertahankan peringkat kredit Indonesia di level BBB dan merevisi outlook dari sebelumnya negative menjadi stable menandakan arah kebijakan makro yang kuat.

"Peningkatan outlook ini menyiratkan kebijakan kita sudah di jalur yang tepat dan memberikan tantangan untuk konsisten mengelola perekonomian dan kebijakan fiskal," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini
4. Jasa Marga catat rekor layani volume lalin tertinggi periode mudik

PT Jasa Marga Tbk mencatat rekor melayani volume lalu lintas (lalin) tertinggi pada periode arus mudik sepanjang liburan Lebaran di Indonesia selama ini

"Pada H-3 Idulfitri 1443 Hijriah yang jatuh pada hari Jumat, 29 April 2022, sebanyak 105.016 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju Timur (Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya). Jumlah ini meningkat 165,5 persen dari lalu lintas normal periode November 2021 sebanyak 39.554 kendaraan," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini


5. Luhut undang Elon Musk hadiri G20 saat kunjungi pabrik Tesla di AS

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengundang CEO Tesla Inc. Elon Musk untuk menghadiri forum B20, yang merupakan salah satu rangkaian KTT G20 di Bali, November mendatang.

Undangan tersebut disampaikannya saat ia bertemu Elon Musk di Giga Factory Tesla di Austin, Texas, Amerika Serikat.

"Saya juga mengundang Elon untuk datang ke Indonesia dalam forum B20, yaitu salah satu rangkaian dari perhelatan G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan November nanti," katanya dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

 

Baca juga: Sepekan, proyeksi pertumbuhan ekonomi direvisi hingga G20 soal Ukraina
Baca juga: Beban Jakarta berat jadi alasan pemindahan IKN
Baca juga: Erick Thohir sarankan tiga hal untuk atasi kepadatan arus mudik di tol


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2022