Jakarta (ANTARA) - Korban kebakaran di RW01 Pasar Gembrong, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, menjadikan momen Idul Fitri untuk bangkit dari musibah.

Ketua RW01 Cipinang Besar Utara Maju Saiman mengatakan saat ini warga mulai berupaya melanjutkan hidup setelah musibah kebakaran yang menghanguskan 400 bangunan pada 24 April 2022.

Baca juga: Korban kebakaran di Pasar Gembrong nantikan bantuan hunian

"Alhamdulillah motivasi masyarakat lahir batin berkat dukungan-dukungan dari beberapa LSM, lembaga pendidikan yang mengadakan pemulihan mental," kata Maju Saiman di Jakarta, Senin.

Pria yang akrab disapa Yongki itu menjelaskan bahwa pendampingan psikologi tersebut sangat membantu warga terutama bagi anak-anak yang kehilangan tempat tinggal.

Baca juga: Warga Pasar Gembrong Shalat Idul Fitri di kolong Tol Becakayu

Yongki mengatakan meski dalam situasi yang serba terbatas namun warga tetap suka cita menyambut momen Lebaran dengan menggelar Shalat Idul Fitri berjamaah di kolong Tol Becakayu.

Usai Shalat Idul Fitri, korban kebakaran di Pasar Gembrong kemudian saling bermaafan dengan kerabat dan keluarga di tengah suasana duka.

"Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Jakarta yang telah membantu sehingga kami bisa melaksanakan Shalat Idul Fitri ini," ujar Yongki.

Baca juga: Anggota DPR minta DKI bangun rumah korban kebakaran Pasar Gembrong

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2022