Pasuruan (ANTARA News) - Puting beliung merusak puluhan rumah warga dan sekolah di dua wilayah kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Yudha Tri Sasongko, Selasa (22/11) menyebutkan, puting beliung merusak 15 rumah warga dan sebuah sekolah di Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari. Sedangkan di wilayah Kecamatan Kejayan merusak 11 rumah warga Desa Klangrong.

Dijelaskan, angin puting beliung menerjang desa-desa tersebut bersamaan dengan hujan lebat yang terjadi, Senin (21/11) kemarin sekitar pukul 14.45 hingga 15.35. Angin puting beliung merusak rumah warga dengan kondisi mulai ringan hingga sedang, hingga parah.

Sebagian rumah yang rusak kondisinya atap gentingnya kabur diterjang angin. Namun BPBD Kabupaten Pasuruan hingga kini juga masih terus melakuka identifikasi kerusakan serta korban di dua desa tersebut.

Camat Purwosari, Rahmat yang berada di loksi kejadian menyebutkan, jumlah warga yang rusak cukup parah sebanyak 6 buah, rusak sedang 5 buah, dan rusak ringan sebanyak 6 buah. Sebagian besar rumah warga rusak bagian atapnya, seperti gentingnya kabur diterjang puting beliung.

Awal musim hujan di wilayah Kabupaten Pasuruan yang terjadi belakangan ini sering diwarnai dengan tiupan angin puting beliung, serta sambaran petir yang juga menelan korban jiwa.

(MSW).

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011