London (ANTARA News) - Mata uang tunggal Eropa jatuh pada Rabu ke terendah baru enam minggu terhadap dolar, karena penjualan obligasi Jerman secara mengejutkan melemah meningkatkan kekhawatiran atas krisis utang negara zona euro.

Pada sekitar 16.00 GMT, euro merosot menjadi 1,3327 dolar -- sebuah tingkat yang terakhir terlihat pada 6 Oktober. Itu dibandingkan dengan 1,3507 dolar akhir Selasa di New York, lapor AFP.

Investor menjauhkan diri dari penerbitan obligasi 10-tahun Jerman, yang dianggap standar emas utang zona euro, membuat tawaran hanya 3,9 miliar euro (5,2 miliar dolar AS) untuk 6,0 miliar euro dari sekuritas yang ditawarkan.

Badan Keuangan Jerman menyebutkan hasil itu sebuah refleksi "dari kondisi pasar yang sangat gugup."

"Sebuah kegagalan dalam lelang obligasi dalam sektor acuan 10-tahun adalah dengan sendirinya sangat mengejutkan, namun bahwa Jerman gagal untuk menghimpun 6,0 miliar euro penuh memberikan kekhawatiran yang cukup tentang pasar pendanaan bagi pemerintah," kata analis Saxobank, Steen Jakobsen.

"Jerman dianggap sebagai `taruhan` teraman di pasar -- semua orang ingin aset (obligasi) Jerman meski dengan imbal hasil rendah 1,8-1,90 persen."

"Kegagalan hari ini harus dilihat sebagai indikasi kecilnya selera untuk risiko dan likuiditas. Tidak meningkatkan kekhawatiran besar untuk Jerman, tetapi lebih untuk keseluruhan keadaan pasar pendanaan bagi pemerintah." (A026)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011