Paris (ANTARA News) - Lembaga pemeringkat kredit Fitch, Rabu mengatakan bahwa peringkat "AAA" Prancis dibenarkan tetapi bisa berada di bawah ancaman jika krisis utang zona euro memburuk.

"Peringkat `AAA` Prancis akan berisiko jika intensifikasi krisis zona euro lebih lanjut mengakibatkan penurunan ekonomi lebih tajam di Prancis dan di seluruh kawasan, mewajibkan Paris untuk menyelamatkan bank-banknya," kata Fitch.

Fitch mengatakan, adopsi langkah-langkah penghematan Prancis baru-baru ini "telah meningkatkan kredibilitas program konsolidasi pemerintah."

Namun, langkah-langkah tambahan masih mungkin diperlukan "jika target defisit 3,0 persen dari PDB ingin dicapai pada 2013, dengan Fitch memproyeksikan defisit pada 2013 menjadi sekitar 4,0 persen dari PDB."

Pada saat yang sama, Fitch, salah satu dari tiga lembaga pemeringkat terkemuka, mengatakan "status `AAA` Prancis terus didukung oleh nilai tambah yang tinggi dan ekonomi beragam, basis pajak yang luas dan stabil serta komitmennya untuk mengurangi defisit dan menstabilkan, dan pada akhirnya mengurangi utang publik.

"Perhatian utama sehubungan dengan Prancis adalah bahwa intensifikasi dari krisis zona euro akan menghasilkan kewajiban kontinjensi yang akan mengkristal ke neraca pemerintah," kata Fitch.

Jika utang bruto pemerintah melampaui 95 persen dari Produk Domestik Bruto, Prancis akan memiliki ruang kecil untuk menyerap guncangan lebih lanjut karena harus menyelamatkan bank-bank yang terkena utang negara zona euro lainnya, kata Fitch.

"Fitch saat ini tidak memperkirakan bank-bank Prancis untuk meminta atau menerima suntikan modal dari negara pada saat ini," kata badan tersebut. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011