Kairo (ANTARA News) - Dewan militer yang berkuasa di Mesir pada Kamis menugasi mantan perdana menteri Kamal al-Ganzuri untuk membentuk kabinet baru, kata saluran televisi swasta Mesir.

Ganzuri telah memimpin pemerintah Mesir dari 1996 hingga 1999, di bawah presiden terguling Hosni Mubarak, lapor AFP.

Laporan mengenai penunjukannya tiba setelah dewan militer yang berkuasa pada Selasa lalu menerima pengunduran diri kabinet sementara Essam Sharaf, di tengah kerusuhan yang meningkat, dan mengundang kekuatan-kekuatan politik negara itu untuk pembicaraan krisis mengenai pembentukan pemerintah "penyelamatan nasional".

Setelah pemberontakan rakyat awal tahun ini yang menjatuhkan Mubarak, Ganzuri menjauhkan dirinya dari bekas pemimpin itu dalam satu wawancara televisi, yang mendorong beberapa halaman Facebook untuk merekomendasikan dia sebagai seoran calon presiden pada masa mendatang.

Ganzuri, lahir pada 1933, menjabat sebagai menteri perencanaan dan kerja sama internasional sebelum masa jabatan pertamanya sebagai perdana menteri.

Ia merintis karirnya sendiri dengan bekerja untuk memperkuat hubungan antara Mesir dan Bank Dunia serta Dana Moneter Internasional (IMF). (S008)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011