Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kalideres terus mengimbau penumpang di terminal tersebut untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski kasus COVID-19 di Indonesia terus melandai.

"Bagi penumpang di Terminal Kalideres, kita harus selalu waspada dengan adanya COVID-19 yang masih ada," kata Wakil Kepala Terminal Kalideres Gathut Hendro Wahyono di Jakarta Barat, Selasa.

Untuk mencegah penularan COVID-19, Hendro menyarankan kepada penumpang untuk selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga kesehatan serta tidak menerima makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal.

Terkait penanganan COVID-19 selama arus mudik di Terminal Kalideres, Hendro mengatakan pengelola terminal tersebut mewajibkan penumpang untuk menggunakan masker. Apabila mereka tidak memakai masker, pengelola melakukan antisipasi dengan membagikan masker secara gratis.

"Jadi andai kata dia lupa, kita bagikan secara cuma-cuma, setiap hari ada. Pembagian mencapai 5 kotak, atau sekitar 500 lebih, setiap hari," katanya.

Baca juga: Otoritas Terminal Pulo Gebang imbau pemudik tetap prokes saat kembali
Baca juga: PMI nilai kepatuhan masyarakat terhadap prokes tinggi selama mudik

Ia menjelaskan, para penumpang juga harus menunjukkan hasil vaksin kedua maupun ketiga atau vaksin booster. Bagi penumpang yang baru mengikuti vaksinasi kedua, mereka diminta untuk menunjukkan hasil negatif swab antigen.

"Jadi, setiap semua yang ada di terminal wajib menggunakan masker. Lanjut, setiap orang yang akan melakukan perjalanan itu harus menunjukkan hasil vaksin kedua maupun ketiga atau booster. Andai kata kedua, penumpang harus swab antigen," katanya.

Meski demikian, Hendro menilai banyak penumpang di terminal tersebut tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

"Alhamdulillah, saya lihat para penumpang tetap mematuhi protokol kesehatan," demikian katanya.

Selain mengambil beberapa langkah untuk penanganan COVID-19, pengelola Terminal Kalideres juga menyediakan layanan kesehatan bagi sopir dan penumpang untuk memastikan kesehatan mereka selama di perjalanan.

Baca juga: Pengelola Terminal Lebak Bulus perketat prokes penumpang

Pewarta: Katriana
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022