Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan pengembang properti PT Intiland Development Tbk (DILD) meluncurkan megaproyek bernama South Quarter di kawasan Jakarta Selatan.

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Intiland, Hendro S Gondokusumo, mengatakan di Jakarta Rabu, megaproyek bernilai investasi total Rp3 triliun ini merupakan proyek "mixed-use development" yang memadukan tower perkantoran, apartemen, dan fasilitas ritel secara terintegrasi.

"Sumber pendanaannya berasal kombinasi antara kas internal, perbankan, dan kerjasama dengan investor strategis," ujarnya.

Hendro menambahkan pengembangan megaproyek ini mempertimbangkan potret pasar perkantoran yang tumbuh semakin pesat, khususnya di kawasan Jakarta Selatan.

"Banyak perusahaan nasional dan multinasional skala besar merelokasi kantor pusatnya ke kawasan Jakarta Selatan, khususnya di koridor jalan TB Simatupang yang telah menjadi kawasan sentra bisnis baru di Jakarta. Karena itulah South Quarter kami bangun untuk memenuhi kebutuhan tersebut," katanya lebih lanjut.

Proyek ini, ucap Hendro, dibangun secara bertahap di atas lahan seluas 7,1 hektar di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, dengan luas total bangunan mencapai 220.000 meter persegi.

Di area tersebut rencananya dibangun enam tower yang meliputi gedung perkantoran, kondominium, dan "service apartment".

Perseroan menargetkan pembangunan megaproyek South Quarter dimulai triwulan I-2012, dengan tahapan penutupan atap atau "topping off" ditargetkan dilakukan pada triwulan II-2013 dan pembukaan pada triwulan III-2014.

Hendro menambahkan pengembangan proyek ini menerapkan prinsip-prinsip berkesinambungan atau "sustainable design", yang diwujudkan antara lain dengan merancang gedung perkantoran yang ramah lingkungan dan memperhatikan aspek penghematan energi, baik dalam penggunaan listrik maupun air.

Untuk memujudkan konsep tersebut, Intiland menggandeng WS Atkins Consultant, konsultan arsitektur dan desain teknik "engineering" yang berkantor pusat di London, Inggris.

Sebelumnya, Intiland juga pernah menjalin kerjasama dengan perancang gedung Burj Al Arab di Dubai ini untuk proyek apartemen Regatta, di Pluit, Jakarta Utara.

(KR-IAZ)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011