Jakarta (ANTARA News) - Pewarta LKBN ANTARA, Hanni Sofia, meraih Juara I Lomba Penulisan Perkoperasian Tingkat Nasional yang digelar Badan Komunikasi Koperasi Pemuda (BKPK) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

"Lomba karya tulis ilmiah ini digelar sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Koperasi 12 Juli 2011," kata Ketua Umum BKPK, Aris Sutomo, di Gedung Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Rabu.

Menurut Aris, panitia lomba menerima sebanyak 21 karya tulis ilmiah dari peserta kategori umum seluruh Indonesia.

Lomba penulisan artikel bertema "Koperasi Kuat, Rakyat Sejahtera" dimaksudkan untuk menggali berbagai pemikiran di bidang koperasi sebagai masukan bagi penyusunan "Road Map Revitalisasi Koperasi" dalam menyambut tahun 2012 sebagai Tahun Koperasi Dunia.

Pada kesempatan itu keluar sebagai pemenang Juara 1 adalah Hanni Sofia dengan judul karya ilmiah "Merevitalisasi Koperasi Pasar untuk Mendorong Peningkatan Daya Saing Pasar Tradisional".

Juara 2 Rahmat Saleh dengan judul "Refleksi Koperasi sebagai Sistem Ekonomi Bangsa", dan Juara 3 Tedi Setiadi dengan judul karya ilmiah "Pemuda dan Koperasi dalam Membangun Indonesia".

Juara Harapan diraih Lismanto dengan judul tulisan "Format Baru Koperasi di Era Globalisasi dalam Membangun Perekonomian Negeri".

"Seleksi naskah dilakukan berdasarkan berbagai kriteria penilaian," kata Aris.

Sejumlah kriteria itu adalah dari aspek kemampuan memberikan perspektif dan definisi persoalan, kemampuan menentukan data, menyusun data, kesatuan olahan argumentasi dan kelurusan penalaran.

Parameter penilaian juga didasarkan pada kesesuaian data yang dipilih dengan tema persoalan, ketepatan menyusun kesimpulan, kemampuan tulisan dalam mempresentasikan gagasan pokok, keseragaman dan kesesuian pilihan kata, dan teknis Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Penyerahan penghargaan kepada para pemenang dilakukan Dekopin dan Kementerian Koperasi dan UKM, pada acara "Bincang Orang Muda Indonesia Berkoperasi Menyambut Tahun 2012 sebagai Tahun Koperasi Dunia".

(R017/S006)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011