Banda Aceh (ANTARA News) - Sepuluh pemain Persiraja Banda Aceh berhasil mengalahkan tamunya Persebaya Surabaya dalam pertandingan lanjutan Indonesian Premier League (IPL) dengan skor 2-1 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis.

Dua gol kemenangan Persiraja diciptakan Diallo Abdullaye Djibril di menit ke-20 dan Abdul Musawir pada menit ke-35. Sementara, gol Persebaya diciptakan Taufiq di menit ke-8.

Pada pertandingan itu, wasit Sulistyoko melayangkan satu kartu merah kepada pemain Persiraja Yudi Khairuddin karena mengganjal keras Feri Ariawan, penyerangan Persebaya, di menit ke-50.

Bermain di babak pertama, Persebaya langsung menekan pertahanan Persiraja. Lini bawah Persiraja yang dikoordinir Gilang Angga mampu mengamankan setiap serangan anak-anak Surabaya.

Gempuran Persebaya akhirnya membuahkan hasil ketika pertandingan baru berjalan delapan menit. Gol berawal dari tendangan keras Edi Gunawan, penyerang Persebaya dari luar kotak penalti.

Namun, tendangan tersebut berhasil diblok kiper Persiraja Yudha Andika. Tapi, bola mengarah ke kaki Taufiq. Gelandang serang Persebaya itu dengan tenang melesatkan si kulit bundar ke sudut kanan gawang Yudha Andika. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Persebaya.

Tertinggal satu gol membuat skuad asuhan Herry Kiswanto berupaya menyamakan kedudukan. Serangan demi serangan dilancarkan dan membuahkan sejumlah peluang. Namun, gagal diselesaikan dengan baik.

Upaya Persiraja akhirnya membuahkan hasil di menit ke-20 lewat tandukan Diallo Abdullaye Djibril setelah memanfaatkan tendangan pojok. Skor berubah menjadi 1-1.

Gol Diallo Abdullaye Djibril tersebut membuat motivasi anak-anak Lantak Laju, julukan Persiraja meningkat. Beberapa peluang Persiraja berhasil digagalkan Dedi Imam, kiper Persebaya.

Dedi Imam akhirnya dipaksa memungut si kulit bundar dari gawangnya untuk kedua kali di menit ke-35. Gol kedua tersebut berawal dari bola liar di kotak penalti Persebaya.

Abdul Musawir, kapten Persiraja berhasil melesatkan bola ke sudut gawang Dedi Imam. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Persiraja. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persiraja meningkatkan tempo permainan. Lima menit pertandingan berjalan, Diallo Abdullaye Djibril nyaris memperbesar keunggulan bagi Persiraja.

Namun, tendangan keras pemain asing Persiraja tersebut mampu ditepis Dedi Imam dan hanya melahirkan tendangan sudut bagi kesebelasan tuan rumah.

Pada menit ke-60, Diallo Abdullaye Djibril kembali membuka peluang gol. Namun, tandukan kerasnya mengarah ke gawang berhasil dihalau Jefry Prasetyo, bek Persebaya yang saat itu berdiri di bawah mistar.

Sepuluh menit kemudian, Persiraja mendapat peluang emas lewat sundulan kepala Irwanto. Peluang gol tersebut berawal dari tendangan bebas di sektor kanan kotak penalti Persebaya.

Tendangan lambung Abdul Musawir mampu disambar Irwanto, pemain bawah Persiraja yang ikut menyerang. Sayang, sundulannya mengenai mistar gawang dan bola mengarah ke luar kotak penalti.

Sebaliknya, Persebaya mampu mengurung pertahanan Persiraja sepeluh menit pertandingan babak kedua berakhir. Erol Iba yang mengoordinir serangan Persebaya membuat hampir semua pemain Persiraja bertahan total.

Kerja sama Feri Ariawan dan Miko Ardiyanto yang menggantikan Edi Gunama di lini depan Persebaya sempat menyulitkan barisan pertahanan Persiraja.

Persebaya nyaris menyamakan kedudukan lewat tendangan salto Taufiq. Namun, tendangannya mampu ditepis Yudha Andika dan hanya melahirkan tendangan pojok bagi Persebaya.

Skor 2-1 untuk Persiraja tersebut bertahan hingga wasit Sulistyoko meniup peluit panjang. Pada pertandingan itu, wasit memberikan satu kartu kuning untuk Arief Ariyanto, gelandang Persebaya.
(T.KR-HSA/T009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011