Washington (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional pada Kamis mengatakan bahwa ia mungkin akan menurunkan pertumbuhan ekonomi global, tetapi tidak memperkirakan resesi di Amerika Serikat.

"Kami kemungkinan akan merevisi turun prediksi kami," juru bicara IMF Gerry Rice mengatakan pada sebuah jumpa pers yang dijadwalkan secara rutin, menolak untuk memberi rincian lebih lanjut, lapor AFP.

Telah ada penurunan tajam, terutama di Eropa, dan gejolak pasar keuangan telah mempersuram peramalan sejak laporan "World Economic Outlook" (WEO) IMF dikeluarkan pada Oktober, katanya.

"Pemulihan global masih tidak seimbang dan bergelombang. Sejak itu WEO telah menandai perlambatan dalam kegiatan ekonomi, terutama saat kita semua tahu, di Eropa. Gejolak di pasar keuangan juga berkontribusi terhadap ketidakpastian lebih lanjut tentang proyeksi ekonomi."

WEO terbaru akan diterbitkan "pada akhir" Januari, ia menambahkan.

Ditanya apakah IMF melihat Amerika Serikat, di mana pertumbuhan ekonomi telah lamban, jatuh kembali ke dalam resesi, Rice mengatakan: "Perkiraan kami adalah tidak untuk resesi ganda (double-dip)."

Ia juga mengatakan IMF tidak menerima permintaan untuk saluran kredit jangka pendek di tengah perlambatan saat ini. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011