Lebak (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengingatkan nelayan di pesisir Labuan, Kabupaten Pandeglang, pada Sabtu malam hingga Minggu pagi mewaspadai tingginya gelombang laut yang mencapai dua meter.

Koordinator Unit Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang Halim Perdanakusumah, Sabtu, memperkirakan dalam beberapa hari mendatang tinggi gelombang pesisir Labuan berkisar satu sampai dua meter dengan rata-rata kecepatan angin 12 knot per jam.

Gelombang bergerak dari arah tenggara dengan jarak pandang empat sampai tujuh kilometer. Tiupan angin bergerak dari arah barat dengan kecepatan antara tiga hingga 12 knot per jam.

Menurut dia, cuaca berawan berpeluang hujan ringan, pada sore dan malam hari curah hujan sedang.

Selain itu, kata dia, suhu pada siang hari berkisar antara 23 sampai 31 derajat Celcius.

Selama ini, cuaca di pesisir Labuan perlu diwaspadai karena ketinggian gelombang mencapai dua meter dengan kecepatan angin rata-rata 12 knot per jam.

Ia mengatakan pihaknya meminta nelayan di perairan Labuan meliputi Pantai Carita, Panimbang, Sumur, Tanjung Lesung dan Ujungkulon berhati-hati jika melaut untuk menghindari kecelakaan.

"Kami berharap nelayan pesisir Labuan waspada selama beberapa hari ke depan," ujarnya.

Sementara tinggi gelombang Perairan Selat Sunda bagian utara meliputi Ciwandan, Karangantu, Bojonegoro, Pulorida, dan Merak relatif normal berkisar 0,5 meter sampai 1,2 meter.

"Selama ini pelayaran kapal ro-ro dan kapal cepat yang melayani penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan normal," ujarnya.  (MSR/E005)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011