Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Kamis (12/5) mulai dari stok pupuk kini mencapai 1,4 juta ton hingga pemberdayaan UMKM melalui kerja sama ekonomi digital.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Stok pupuk 1,4 juta ton

PT Pupuk Indonesia (Persero) menyebut stok pupuk nasional saat ini mencapai 1,4 juta ton atau setara 137 persen dari ketentuan minimum yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga selalu menjamin ketersediaannya.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman mengatakan Pupuk Indonesia selalu berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan pupuk petani, salah satunya dengan menambah kapasitas produksi.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Kinerja penjualan eceran meningkat

Bank Indonesia memperkirakan kinerja penjualan eceran pada April 2022 meningkat sebagaimana tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) April 2022 sebesar 219,3 atau tumbuh 6,8 persen (mtm) yang lebih tinggi dibanding peningkatan 2,6 persen (mtm) pada bulan sebelumnya.

Berdasarkan keterangan BI, peningkatan terjadi pada sebagian besar kelompok terutama kelompok peralatan informasi dan komunikasi, makanan, minuman dan tembakau serta sub kelompok sandang.

Berita selengkapnya klik di sini

3. LRT Jabodebek solusi masalah transportasi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek bagian dari upaya pemerintah dalam rangka menyelesaikan masalah transportasi perkotaan.

"Pembangunan LRT Jabodebek adalah bagian dari upaya pemerintah untuk menyelesaikan masalah transportasi perkotaan dengan angkutan massal," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Transformasi digital ekonomi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pengembangan literasi dan keterampilan yang lebih inklusif dan produktif menjadi bagian dari agenda transformasi ekonomi berbasis digital.

“G20 harus menjadi motor pengembangan ekosistem yang mendorong kolaborasi dan inovasi,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Ekonomi digital untuk pemberdayaan UMKM

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mendorong kerja sama ekonomi digital ASEAN-Amerika Serikat (AS) untuk pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) saat melakukan pertemuan bilateral dengan Duta Besar United States Trade Representative (USTR) Katherine Tai di Washington DC, AS.

"Elemen ekonomi digital menjadi isu yang sangat signifikan dalam menavigasi pemulihan arus perdagangan di kawasan," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2022